UPI UPBJJ-UT Bandar Lampung, Februari 2012

Pada kamis 16 Pebruari 2012, UPBJJ-UT Bandar Lampung menyelenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) di Gedung Serba Guna (GSG) , Universitas Lampung. Sebelum UPI dilaksanakan, sehari sebelumnya pada Rabu tanggal 15 Pebruari 2012 di tempat yang sama, dilaksanakan Seminar Mahasiswa dengan tema “Peranan Guru dalam Membentuk Karakter Bangsa”

, yang disampaikan oleh tiga narasumber yaitu Prof. Dr. Sudjarwo .MS beliau adalah Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Lampung, Dr. Sultan Djasmi. M.Pd dosen Program Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan Unila, dan dari UT pusat yang sekaligus mewakili Rektor yaitu Dekan FISIP-UT Bapak Daryono.SH.MA.P.Hd.

Acara UPI diawali prosesi diiringi lagu Padamu Negeri yang dinyanyikan oleh Paduan Suara pokjar Way Bungur, Kabupaten Lampung Timur,dan sebelum resmi dibuka oleh Kepala UPBJJ-UT Bandar Lampung Drs.Irlan Soelaeman. M.Ed didahului oleh penampilan tarian daerah dari pokjar Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah.menurut Penanggungjawab kegiatan UPI Periode I Tahun 2012 Agus Iskandar.SH.MH, acara UPI ini diikuti sebanyak 1538 orang Lulusan dengan rincian 1526 orang Program Pendas dan 12 orang Lulusan Nonpendas, ini berasal dari 14 Kabupaten/Kota Se Propinsi Lampung.dan pada acara UPI tersebut di tetapakan Lulusan Terbaik dan Pengurus Pokjar Terbaik.

UPI-UPBJJ-UT-Bandar-Lampung-Feb-2012

Pejabat yang hadir dalam rangka UPI adalah Rektor Unila yang diwakili oleh Pembantu Dekan I FKIP Unila Dr.Thoha BS Jaya.M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Lampung Drs. Tauhidi,MM dan Kepala-Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Se Propinsi Lampung serta seluruh Pengurus Pokjar Program Pendas se wilayah UPBJJ-UT Bandar Lampung Dekan FISIP UT, Daryono SH, MA, Ph.D. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Terbuka yang disampaikan Dekan FISIP mengatakan bahwa Pendidikan dan pembelajaran karakter perlu dirancang dan dikembangkan agar menjadi aktivitas pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik. Pembangunan karakter perlu dimulai dengan membangkitkan kesadaran bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa multikultur dengan keragaman sosial dan budaya. Upaya membangun karakter bangsa melalui sektor pendidikan tidak lagi harus bersifat dogmatis, tapi harus lebih bersifat konstruktif.

Pendidikan berkaitan dengan pembentukan watak atau karakter peserta didik sehingga mampu bersaing dengan cerdas, jujur, dan tangguh, berinteraksi dengan masyarakat dengan penuh kepedulian. Karakter dibangun sejak usia dini, dalam membangun karakter bangsa melalui sektor pendidikan tidak lagi bersifat dogmatis tetepai lebih bersifat experimential yang konstrukti. Pendidikan karakter bukanlah sebuah mata pelajaran, melainkan sebuah proses pendidikan nilai yang yan diimplementasikan dalam keseluruhan proses budaya sekolah. Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Lampung Menyampaikan diharapkan agar UT selain mengembangkan pendidikan dasar UT Juga dapat melayani guru-guru disetiap tingkatan pendidikan karma UT adalah salah satu Perguruan Tinggi yang menjadi Mitra Pemda.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn