Tingkatkan Kesadaran Pajak Melalui Pendidikan, Dirjen Pajak Lakukan Perjanjian Kerja Sama dengan UT

Jakarta – Pajak merupakan hal yang sangat penting bagi Negara Indonesia. Pentingnya bagi masyarakat mengenali kesadaran pajak dikarenakan pajak memberikan kontribusi besar bagi keberlangsungan hidup di negara ini. Peran pajak dalam membiayai berbagai pengeluaran negara dapat dioptimalkan apabila setiap warga negara wajib pajak sadar kewajibannya. Upaya-upaya peningkatan kesadaran pajak terus digencarkan salah satunya melalui pendidikan.

Direktorat Jenderal Pajak bekerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) untuk mendukung upaya kesadaran masyarakat melalui Pendidikan, yang ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman. Bersamaan dengan itu Kementerian Keuangan juga melakukan Penandatanganan Nota Kesempahaman dengan Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang berlangsung pada Jumat, 9 November 2018 bertempat di Aula Cakti Buddhi Bakti, Lantai 2 Gedung Ma’rie Muhammad Dirjen Pajak.

Acara bertajuk Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam rangka Membangun Kesadaran Pajak Melalui Pendidikan untuk Masa Depan Bangsa yang Mandiri dan Sejahtera ini dihadiri Pejabat Negara diantaranya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, Menteri Agama, Lukman Saifudin, Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, serta Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, Ph.D Kepala LIPI Dr. Laksana Tri Handoko, Dirjen Pajak, Robert Pakpahan dan para Eselon 1 Kementerian Lainnya.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani dalam sambutannya mengapresiasi langkah Direktorat Jenderal Pajak secara kreatif melakukan edukasi dan Perjanjian Kerja Sama dengan UT. Ia juga berharap adanya pengembangan Massive Online Courses dalam Bidang perpajakan dikarenakan generasi muda milenial saat ini lebih mudah mengakses dari sisi online dan dari sisi pengetahuan serta pemahaman. Menkeu Sri Mulyani juga menyebut akan menindaklanjuti PKS yang saat ini dilakukan dengan memiliki hasil yang bermanfaat dan bersama-sama menanamkan kesadaran perpajakan di tanah air.