Kuliah Umum Rektor UT di Makassar

Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Rektor Universitas Terbuka menjadi narasumber pada kuliah umum yang diselenggarakan UNM (Universitas Negeri Makassar). Kuliah umum ini mengangkat tema Pembelajaran dalam Jaringan di Era Revolusi Industri 4.0 yang dilaksanakan di Menara Phinisi UNM, Jumat (02/10/2018). “Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berharap pada tahun 2019 nanti, APK pendidikan tinggi bisa meningkat 32 persen. Ketika APK kita baru mencapai 31,5 persen, artinya ada 65 persen anak-anak lulusan SLTA, yang tidak mempunyai kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi, dan tidak punya kesempatan akses ke layanan pendidikan tinggi,” ujar Rektor UT. Hal ini tidak mungkin ditempuh dengan skema pembelajaran yang diterapkan saat ini. Salah satu solusi yang akan diambil pemerintah dalam meningkatkan APK pendidikan tinggi, yaitu dengan memasifkan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ), terutama penyelenggaraan pembelajaran dalam jaringan, sebagai salah satu mode utama.

UT kini telah berevolusi, dari sebuah PTJJ yang sangat tradisional 34 tahun yang lalu dan sekarang menjadi penyelenggara PTJJ modern. Revolusi Industri 4.0 tidak bisa dihindari. Tuntutan perkembangan teknologi ini, membawa semua elemen harus siap dalam menghadapi disruption innovation di berbagai lini, tidak terkecuali pendidikan. Sebagai perguruan tinggi negeri, UT mempunyai peran besar dalam melahirkan insan cerdas dan berkarakter . Ada empat hal penting sebagai ciri dari Revolusi Industri 4.0 yaitu critical thinking, creativity, communication, dan collaboration.

“Melalui sistem berbasis online, UT memantapkan jati dirinya sebagai benchmark penyelenggara Pendidikan Jarak Jauh di tanah air. Bahkan UT telah dipercayakan oleh pemerintah untuk mendorong UT sebagai cyber university,” ungkap Rektor UT. Saat ini, UT juga tengah mempersiapkan investasi guna memperkuat teknologi informasi dan komunikasi. Pihaknya sudah membangun kerja sama dengan perguruan tinggi lain, untuk berbagi pengalaman dalam menerapkan sistem kuliah jarak jauh.

UT siap menyukseskan program pemerintah, khususnya komunitas pendidikan tinggi Indonesia, agar memiliki kapasitas dalam menyelenggarakan online and distance education. Serta mendukung program pemerintah dalam meningkatkan APK Pendidikan Tinggi melalui bersinergi dengan perguruan tinggi lain.