Universitas Terbuka Gelar Peringatan Sumpah Pemuda Ke-90

Universitas Terbuka (UT) menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Halaman Universitas Terbuka Convention Center-UT Pusat, Senin (29/10/2018). Upacara diikuti seluruh pegawai di lingkungan UT. Peringatan ini mengambil tema "Bangun Pemuda Satukan Bangsa". Rektor UT, Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., menyampaikan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, pada Kongres Sumpah Pemuda Kemenpora ke-90 tahun 2018.

Rektor menekankan bahwa pesatnya perkembangan bidang teknologi dan informatika diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dalam pembangunan sumber daya serta daya saing. Rektor mengingatkan, pemuda harus memiliki filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara untuk menyaring informasi yang beredar di masyarakat. Pemuda juga harus sanggup membuka pandangan ke luar untuk menyongsong masa depan lebih baik. Untuk menjadi pemuda yang maju guna membangun bangsa Indonesia, pemuda harus berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu, Revolusi Mental harus dapat menjadi pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju demi bangsa yang hebat.

Keberhasilan atlet-atlet muda Indonesia dalam Perhelatan Asian Games 2018, harus dijadikan sebagai momentum untuk membangun optimisme pemuda Indonesia dalam bekerja keras mewujudkan prestasi di berbagai bidangnya

Rektor menyampaikan turut bela sungkawa atas wafatnya pendiri Pendidikan Jarak Jauh sekaligus Rektor Pertama UT periode 1984-1992, Prof. Setijadi. Sebagai penutup, persembahan lagu Nasional dari tim angklung staf UT menutup upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”