SENMASTER Pertama Digelar LPPM-UT

Pendidikan Tinggi sebagai wahana penguasaan iptek dalam membangun daya saing Bangsa Indonesia. Hal tersebut disampaikan Dr. Eng. Hotmatua Daulay, M.Eng., Direktur Pengembangan Teknologi Industri, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, dalam sesi Keynote Speech pada Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka (SENMASTER) di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan, Selasa (30/10/2018). SENMASTER yang pertama ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UT.

Rektor Universitas Terbuka, Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan seminar dengan tema “Inovasi dalam Ipteks Perguruan Tinggi bagi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat” ini, mempunyai dampak positif bagi masyarakat. Tema seminar juga sejalan dengan perkembangan iptek, yaitu terkait revolusi industri 4.0 dan diharapkan arah penelitian pergururan tinggi sejalan dengan perkembangan tersebut. Setelah itu Prof. Ojat dengan resmi membuka kegiatan seminar nasional yang ditandai dengan pemukulan gong. Sebelumnya peserta seminar disambut dengan pertunjukan seni tari Rampak Gendang Perkusi dan Angklung.

Seminar nasional yang diikuti oleh akademisi dari berbagai daerah ini menyajikan 68 makalah yang dibagi menjadi beberapa sesi paralel. Hal tersebut disampaikan oleh Dra. Lilik Aslichati, M.Si. sebagai ketua panitia SENMASTER. Setelah sesi pararel, Prof. Karnedi, Ketua LPPM UT menyampaikan informasi terkini terkait penelitian dan abdimas perguruan tinggi. Prof. Karnedi dengan resmi menutup SENMASTER 2018 dan menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya seminar nasional tersebut.