Tersebar di Penjuru Negeri, UT Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Memasuki awal Juli 2018, Universitas Terbuka (UT) kembali mengadakan Upacara Wisuda Periode IV Wilayah 2 Tahun 2018. Rangkaian Upacara wisuda tersebut didahului dengan kegiatan Seminar Wisuda Periode IV Wilayah 2 Tahun 2018, pada Senin 2 Juli 2018 dengan mengambil tema“Tantangan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” yang di hadiri pimpinan UT, serta para calon wisudawan yang sudah memenuhi ruangan Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) sejak pagi hari.

Acara diawali dengan kegiatan temu wicara antara pimpinan UT dengan para calon wisudawan. Rektor UT, Prof. Ojat Darojat hadir bersama para Wakil Rektor untuk memberikan sambutan langsung dihadapan kurang lebih 1.243 calon wisudawan. Para calon wisudawanpun ikut terlibat dalam temu wicara dengan berkesempatan mengajukan pertanyaan serta berbagi pengalaman selama menempuh studi di UT.

Memasuki diskusi seminar, UT menghadirkan narasumber utama yakni Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) RI, Yanuar Nugroho, Ph.D serta pengamat sekaligus praktisi pendidikan 21st Century Learning Expert, Indra Charismiadji yang di moderatori oleh Dr. Siti Aisyah, M.Si dari Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) UT.

Yanuar dalam paparannya, mengutip data World Digital Competitiveness dengan menjelaskan bahwa Indonesia saat ini berada di peringkat 62 dari 63 Negara dalam hal daya saing digital, Ia menyebut sumber daya manusia sebagai faktor utama peningkatan daya saing digital yang berpengaruh kepada dampak Revolusi Industri 4.0. Diakhir paparannya, Ia memberikan pesan terutama kepada calon wisudawan UT yang sebagian besar adalah guru. Ia menyampaikan bahwa untuk menyiapkan siswa dalam Era baru diperlukan relasi yang baik antara guru dan murid dengan merangkul perkembangan teknologi yang semakin maju.

Sementara itu, Indra Charismiadji lebih banyak meberikan penjelasan kepada para calon wisudawan mengenai dampak revolusi industri 4.0 bagi dunia pendidikan secara keseluruhan, beliau juga memberikan poin utama bagi para pendidik sebagai modal menghadapi revolusi industri 4.0 di abad ke- 21 ini dengan 4C yakni, Communication, Collaboration, Critical Thinking serta Creativity. Sesi diskusi seminar di akhiri dengan pemberian cinderamata yang diberikan secara langsung oleh Rektor UT.