PPSP Universitas Indonesia Kunjungi UT

Tangerang Selatan, Unit Pelayanan & Pengembangan Sumberdaya Pembelajaran (PPSP) dari Universitas Indonesia (UI) mengunjungi kantor pusat Universitas Terbuka (UT) pada Jumat, 13 Juli 2018. Kunjungan Tim PPSP UI ini disambut oleh Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Nurmala Pangaribuan beserta beberapa pejabat terkait, di Ruang Rapat Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama.

20180713 Kunjungan Tim Learning Management System Universitas Indonesia

Rombongan yang diketuai oleh Yoni A. Ismangil ini ingin melihat bagaimana UT mengatur Learning Management System (LMS) yang selama ini diterapkan dalam melayani ratusan ribu mahasiswa, serta bagaimana mengatasi kendala-kendala teknis yang dihadapi. Koordinator Program dan Pengembangan PPSP T A. Danial juga menerangkan bagaimana selama ini UI, yang juga telah memberlakukan Pendidikan Jarak Jauh, mengatur LMS mereka.

Sementara itu, Dimas Agung Prasetyo yang merupakan Penanggung Jawab Bidang Pengembangan dan Aplikasi Program pada UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi UT, menyampaikan sejarah pengembangan sistem UT sejak puluhan tahun lalu. Ia menerangkan, dari awal UT selalu mencari teknologi terbaru untuk mengembangkan LMS-nya, bahkan UT berusaha mengadaptasi teknologi apa yang saat itu sedang banyak digunakan masyarakat sebagai media untuk menerapkan pembelajarannya. Menurutnya, kendala akan selalu ada namun selalu beriringan dengan teknologi terbaru yang semakin canggih, sehingga dapat mengatasi kendala tersebut.