Wisuda Periode IV wilayah I Tahun 2018

Hari ini UT kembali menggelar prosesi wisuda, Selasa, 8 Mei 2018 di Gedung UTCC Pondok Cabe. Acara yang dimulai sejak pukul 07:00 WIB ini dihadiri oleh 1.352 peserta dari Program Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma. Ada yang tampak berbeda pada prosesi wisuda kali ini, dimulai dari para panitia yang mengenakan pakaian adat dan prosesi senat Universitas Terbuka memasuki ruangan yang tampak berbeda juga dari biasanya, kali ini ada iringan penari dan musik tradisional yang membuat suasana lebih semarak.

Pada sambutannya Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph,D. juga menyampaikan tentang perlunya perhatian terkait pembinaan keprofesionalan guru dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik. “Setiap peserta didik wajib memperoleh pendidikan yang bermutu dalam tata dan sistem pendidikan nasional. Dalam konteks itu diperlukan guru profesional yang mampu menciptakan proses belajar yang mendidik, mencerdaskan, dan mendewasakan, serta mewujudkan peserta didik yang berjiwa Pancasila”, ujarnya.

Dalam prosesi acara wisuda periode IV wilayah I Tahun 2018 ini juga, DR. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc, selaku Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Pendidikan Tinggi, menyampaikan orasi ilmiah berjudul “ Perbaikan Mutu Guru Melalui Pendidikan Profesional Guru Reguler” yang didengarkan dengan seksama oleh para wisudawan UT. “Kunci utama mutu pendidikan adalah mutu gurunya, di Indonesia saat ini mutu guru dari hasil uji kompetensi guru belum menunjukkan hasil yang menggembirakan, oleh karena UT Kemenristekdikti telah menyiapkan program revitalisasi pendidikan guru salah satu agendanya adalah menyelenggarakan pendidikan profesi guru secara reguler,” ujar Patdono Suwignjo yang menjabat sebagai Dewan Pengawas UT ini.

Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan untuk wisudawan terbaik dari Program Magister Manajemen bidang minat SDM, Windyawati dari UPBJJ-UT Pekanbaru dengan pencapaian IPK 4.00. Selain itu juga ada pemberian penghargaan kepada Tutor terbaik Ibu Rosialawati yang kali ini dari UPBJJ-UT Serang, penghargaan ini diberikan karena UT yakin suksesnya tahapan prestasi UT saat ini tidak bisa tanpa bantuan para tutor dari lapangan. (Dinda)

Tags: