Pelatihan Nasional Penyelenggaraan Kelompok Belajar UT Berbasis Pesantren

Sebagai tindak lanjut kerjasama Persatuan Guru Nahdatul Ulama (PERGUNU) dengan Universitas Terbuka (UT), pada tanggal 12 April 2018 diselenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Nasional penyelenggaraan Kelompok Belajar UT Berbasis Pesantren.

Bertempat di Wisma I Universitas Terbuka Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Pelatihan penyelenggaraan Pokjar UT berbasis pesantren tahap I tersebut diikuti oleh 70 peserta dari 15 Pimpinan Wilayah dan 35 Pimpinan Cabang Pergunu Se-Indonesia.

Ketua Umum PP Pergunu, KH Asep Saifuddin Chalim pada sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis guna membantu guru di daerah yang yang sulit melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena faktor demografi dan pekerjaan. Sehingga mereka tetap bisa belajar dengan sistem terbuka jarak jauh yang memang secara legal hanya bisa dilakukan oleh UT.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D, menyampaikan bahwa kerja sama antara UT dan Pergunu menjadi penting dalam rangka pemerataan pendidikan di Indonesia khususnya Pendidikan Berbasis Pesantren, juga sebagai bentuk perhatian dan kepedulian UT terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia khususnya bagi para Guru NU di Indonesia.