UT Bersinergi dengan Media Republika

Peran media massa saat ini sangatlah penting dalam penyampaian sebuah informasi. Dalam hal pendidikan, efek media memberikan dampak utama bagi pelaksanaan kegiatan akademik. Universitas Terbuka (UT) sebagai pelopor Perguruan Tinggi Negeri Jarak Jauh memiliki segudang sarana pembelajaran tanpa batas baik bagi mahasiswa maupun khalayak umum. Kehadiran media massa bagi UT sampai saat ini dinilai masih menjadi salah satu sarana komunikasi publik paling efektif. Inilah yang menjadikan media massa sebagai mitra penting bagi sebuah institusi termasuk perguruan tinggi. Kedekatan dengan media massa dinilai dapat mendorong pembentukan citra perguruan tinggi yang positif.

Untuk menjaga hubungan baik terhadap media massa, UT mengunjungi Redaksi Harian Republika, di kawasan Pejaten Jakarta Selatan, Jumat, 13 Maret 2018. Dalam kunjungan tersebut hadir Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D beserta Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Pengembangan Institusi, Drs. Moh. Muzammil, MM dan para pimpinan lainnya yang diterima secara langsung oleh Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi, Wakil Pemred H.Hasan, Redaktur Pelaksana Subroto serta Staf Redaksi Republika. Kunjungan kali ini dinilai sebagai ajang silaturahmi dan kerja sama yang sudah terjalin sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, dibahas topik-topik mengenai Pendidikan jarak-jauh hingga hubungan yang selama ini telah terjalin antara UT dan Republika. Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan kali ini adalah kunjungan pertamanya sebagai Rektor UT. Ia menegaskan kedatangan UT untuk meneruskan jejak langkah sebelumnya agar kerja sama terus berlangsung. Rektor juga menceritakan bahwa pada saat ini UT sedang dihadapkan kepada Challenge yang diberikan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, bahwa UT dijadikan sebagai Benchmark PJJ kepada perguruan tinggi yang ingin menerapkan Pendidikan Jarak Jauh.

Sementara itu Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi juga turut menyampaikan rasa bangga dan terima kasih sudah di datangi oleh UT, Ia menyebut silaturahmi ini akan menjadi lebih kuat jika kedua komponen saling support, saling bantu dan saling menguatkan. ”Kebetulan Republika dari awal berdiri memiliki concern yang sangat besar terhadap dunia pendidikan, kalau di amati kami mendedikasikan satu halaman yang dinamakan Didaktika sebagai halaman khusus pendidikan” ujarnya. Selain menyampaikan apresiasi baik, Pemred Irfan juga memberikan perhatian terhadap pemerataan pendidikan di Indonesia khususnya perbedaan tingkat pendidikan. Ia menyakini UT sebagai penggerak utama pemerataan pendidikan melalui pendidikan jarak jauhnya. Sesi diskusi diakhiri pertukaran cinderamata dan sesi foto bersama antara lembaga berbeda latar belakang tersebut.