Wisuda Periode II Tahun 2017/2018 diikuti 1500-an wisudawan

Pagi ini Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) dipenuhi sekitar 1500-an para wisudawan, pada 21 November 2017, tepat pada pukul 08.00 prosesi senat Universitas Terbuka memasuki tempat pelaksanaan wisuda diawali masuknya Rektor UT, Pembantu Rektor UT, serta pejabat UT lainnya. Selanjutnya Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D, memberikan sambutan dengan mengajak semua orang yang hadir dalam wisuda ini untuk terus melakukan upaya dalam membangun karakter bangsa melalui peduli dengan lingkungan dan pelestarian bumi. Hal tersebut sesuai dengan tema Orasi Ilmiah hari ini yang mengusung tema tentang “Membangun Karakter Bangsa melalui Pelestarian Bumi”. Pembicara orasi ilmiah ini disampaikan oleh Dr. Yuni Tri Hewindati.

Menurut Ibu Hewin, Sumber Daya Alam (SDA) bukanlah gudang persediaan yang dapat dirampok dan dieksploitasi untuk kepentingan pribadi dan sumber daya abiotik maupun biotik haruslah diperlakukan dengan sama. Hal ini dikarenakan dengan kita mengeksploitasi SDA secara berlebihan, maka dapat menyebabkan rusaknya dan menipisnya SDA tersebut. Demi menjaga alam ini, haruslah dimulai dari diri kita sendiri dengan mengingat bahwa semua yang ada di alam ini merupakan sumber daya milik kita bersama yang akan diwariskan ke generasi selanjutnya sehingga kita sebagai generasi sekarang harus bertanggungjawab dengan cara menghormati, menjaga, dan mencintai alam yang ada di bumi ini karena membentuk karakter bangsa tidak hanya harus mengenai nasionalisme dan patriotisme saja, tetapi bisa melalui menjaga pelestarian bumi. Semakin banyak manusia yang sadar akan pelestarian lingkungan, maka semakin banyak pula orang yang mau menjaga lingkungan tersebut dan berhenti untuk merusak bumi.

Setelah orasi ilmiah, Dr. Mohammad Yunus, S.S, M.A selaku Pembantu Rektor I membacakan perwakilan wisudawan terbaik yaitu Aser Pongratte dari Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik (S-2) UPBJJ-UT Jayapura, dan Endang Wahyuningsih dari Ilmu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S-1) UPBJJ-UT Malang. Selanjutnya, barulah nama wisudawan lainnya disebutkan nama untuk serah terima ijazah di depan panggung melalui Rektor UT dan Dekan dari masing-masing Fakultas. Wisuda Periode II Tahun 2017/2018 ini juga dimeriahkan oleh Paduan Suara Gita Sutera yang melantunkan suara yang merdu dan indah.

Wisuda kali ini dimeriahkan dengan tawa dan riuh tepukan tangan para wisudawan saat pemutaran video, mulai dari pelaksanaan seminar wisuda kemarin (20/11) hingga wisuda hari ini yang disaksikan bersama oleh semua yang hadir. selanjutnya Dr. Maximus Gorky Sembiring, M.Sc membacakan 2 Tutor Berkinerja Terbaik yaitu Dr. Riskan Qadar, M.Si dari UPBJJ-UT Samarinda, dan Drs. Budi Pratikno, M.STAT, S.Ci. Ph.D dari UPBJJ-UT Purwokerto. Selain itu, bapak Gorky pun membacakan wisudawan terbaik lainnya dengan IPK 4.00 serta wisudawan lain yang mendapatkan penghargaan. Wisuda ini pun ditutup dengan Pembacaan Janji Wisudawan Universitas UT yang dipimpin oleh salah satu wisudawan dari UPBJJ-UT Batam dan diikuti oleh wisudawan lainnya yang hadir hari ini, serta penyerahan alumni UT oleh rektor kepada perwakilan IKA-UT Hadijaya, B.Sc., S.Pd., M.Pd.