Seminar Nasional FMIPA UT dan IORA – ICOR 2017

Pada hari ini, Kamis, 12 Oktober 2017, FMIPA – UT menyelenggarakan Seminar Nasional Matematika, Sains dan Teknologi, bersamaan dengan IORA International Conference on Operations Research (IORA ICOR 2017). Kegiatan ini merupakan kerja sama antara FMIPA UT dengan Indonesia Operation Research Association (IORA). Seminar Nasional Matematika, Sains dan Teknologi ini dilakukan dalam rangka memperingati Dies Natalis UT yang ke 33.

Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains, dan Teknologi Tahun 2017 ini mempunyai tema: Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi dalam mendukung Smart City, dan dihadiri oleh komunitas akademisi, praktisi, mahasiswa, dan masyarakat yang mempunyai minat pada bidang Smart City. Seminar ini bertujuan untuk berbagi ilmu dan informasi antar para akademisi, praktisi, masyarakat dan pemerintah daerah terkait dengan optimalisasi peran sains dan teknologi dalam mendukung terwujudnya smart city di Indonesia. Hasil seminar ini diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam pengembangan kota/kawasan pintar di masa mendatang. Pembicara pada Seminar ini adalah Walikota Tangerang Selatan, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti, dan Dekan FHISIP UT. Seminar ini diikuti oleh pemakalah dari UT Pusat, UPBJJ UT, Universitas Jenderal Soedirman, IPB, Politeknik Negeri Surabaya, UNJ, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Jakarta, Universitas Pakuan, Universitas Atmajaya, Universitas Telkom, Universitas Indonesia, AMIK BSI, Universitas Kristen Surakarta serta Dinas Kelautan dan Perikanan.

Pembicara dalam seminar FMIPA dan IORA ICOR 2017 UT

Selain itu, FMIPA UT menyelenggarakan IORA ICOR 2017 dengan tema Competing in the Era of Analytics. Konferensi ini bertujuan untuk memfasilitasi interaksi antara peneliti dan akademisi dalam membahas tantangan yang saat ini perlu ditangani, serta menyoroti perkembangan metode, algoritma, dan peluang baru pada bidang Riset Operasi, serta untuk menyediakan kesempatan untuk berbagi pengalaman, komunikasi dan jaringan dengan pakar lain di dalam negeri dan para ahli di seluruh dunia. Kegiatan ini memaksimalkan kontribusi Riset Operasi untuk pertumbuhan berkelanjutan mempromosikan ekonomi berbasis pengetahuan dan memanfaatkan sumber daya yang terbatas. Pembicara Utama pada konferensi ini berasal dari Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia dan Vietnam. Konferensi ini diikuti oleh Universitas Padjadjaran, Universitas Jenderal Soedirman, ITB, Universitas Atmajaya, Universitas Binus, Universitas Lang Lang Buana, Universitas Sriwijaya, UI, UII, UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Pakuan, UNJ, Universitas Nusa Cendana, STMIK Raharja, STMKG-BMKG, Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia dan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia.

Bapak Yunus mewakili Rektor UT menyampaikan sambutan

Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D., diwakili oleh Pembantu Rektor I, Dr. Mohamad Yunus S.S., M.A., menyampaikan dalam sambutannya, bahwa suatu kehormatan bagi UT menyelenggarakan perhelatan besar yang bergengsi Seminar Nasional Matematika, Sains dan Teknologi, bersamaan dengan IORA International Conference Operation Research (IORA ICOR 2017). Rektor UT sangat yakin bahwa kegiatan ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berdampak positif pada pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan.

Dr. Muhammad Dimyati, Kemristekdikti dalam seminar FMIPA dan IORA ICOR 2017 UT

Dr. Muhammad Dimyati (Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) menyampaikan beberapa kebijakan yang terkait dengan penerapan konsep Smart City yang didukung hasil riset dan pengembangan. Selain itu, disampaikan pula bahwa jumlah peneliti di Indonesia yang harus ditingkatkan sehingga dapat mendorong kemajuan bangsa.

Walikota Tangerang Selatan, Ibu Airin dalam seminar FMIPA dan IORA ICOR 2017 UT

Ibu Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany, S.H., M.Kn., M.H., menyampaikan beberapa inovasi yang telah dilakukan kota Tangerang Selatan terkait konsep Smart City. Inovasi tersebut salah satunya adalah pemanfaatan teknologi internet dan ponsel pintar dalam memberi layanan terintegrasi, yang dapat dimanfaatkan dengan mudah dan cepat oleh masyarakat di kota Tangerang Selatan. Ibu Airin juga menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi dalam implementasi sistem terintegrasi tersebut, sebagai contoh, masih ada pegawai yang merasa sulit beradaptasi dengan sistem baru, sehingga sedikit memperlambat implementasi.

Peluncuran buku Smart City tulisan FMIPA UT 2017

Dalam kegiatan seminar yang berlangsung di gedung UTCC (Universitas Terbuka Convention Center) dan Gedung Serbaguna UT Pusat, Pondok Cabe, Tagerang Selatan ini, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UT sebagai penyelenggara, juga meluncurkan buku hasil tulisan tim FMIPA UT, dengan judul yang sama dengan tema seminar, yaitu “Optimalisasi Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City