Rektor Baru UT Pimpin Wisuda Periode I

Pada Selasa 10 Oktober 2017, Universitas Terbuka (UT) kembali mengadakan Wisuda Periode I tahun 2017/2018 bertempat di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Prof. Drs. Ojat Darojat Ph.D sebagai Rektor baru UT periode 2017-2021 memimpin seluruh rangkaian upacara wisuda yang juga dihadiri pejabat dilingkungan UT serta para tamu undangan.

Kegiatan upacara wisuda diawali oleh sambutan Rektor Prof. Ojat. Dalam sambutannya, beliau mengangkat tema “Peranan Pengelolaan Keuangan Pribadi dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Keluarga”. Menurutnya, pemilihan tema ini sangat tepat mengingat saat ini banyak masalah keluarga yang disebabkan karena persoalan ekonomi. “Bahkan masalah ekonomi ini berpotensi menjadi pemicu timbulnya masalah keretakan rumah tangga” ujarnya. Pesan beliau kepada mahasiswa yang akan diwisuda yakni, haruslah memilki perubahan sikap dalam pengelolaan keuangan pribadi yang dimulai dari prioritas yang dapat mendorong individu bersikap disiplin dalam mengelola penghasilannya.

Dilanjutkan Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Ake Wihadanto, SE, MT., yang mengambil judul “Entrepreneurial Leadership di Era Revolusi Industri 4.0”. Dalam paparannya, Dr. Ake menyimpulkan bahwa saat ini kita telah memasuki era baru, yaitu revolusi industri jilid 4.0 yang dikemudikan oleh perkembangan teknologi dan informasi dengan disertai banyaknya perubahan kegiatan atau aktivitas dalam lingkungan bisnis yang berimplikasi pada organisasi bisnis dan pola kepemimpinannya. “Oleh karena itu, pemimpin harus menyeseuaikan gaya kepemimpinan mereka untuk memenuhi tuntutan dan harapan yang berorientasi visi dan perubahan yang sangat massif dengan era revolusi industry jilid 7”, paparnya.

1.094 wisudawan kali ini hadir memenuhi ruang di Gedung UTCC. Para wisudawan yang datang, berasal dari berbagai program studi di seluruh Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). Pada setiap momen upacara wisuda, UT rutin memberikan penghargaan terbaik bagi para Tutor dan Wisudawan. Tutor terbaik pada upacara wisuda kali ini diberikan kepada, Dr. Muhtar, SE. MM, M.Kes, AK dari UPBJJ-UT Makassar dan Vera Maya Santi, M.Si dari UPBJJ-UT Jakarta. Sementara untuk wisudawan terbaik, UT memberikan penghargaan kepada Ahmad Fadhil pada jenjang strata 1 dari UPBJJ-UT Jambi, Riyanto pada jenjang strata 1 dari UPBJJ-UT Jayapura dan Yoyo Wiramiharja pada jenjang strata 2 dari UPBJJ-UT Jambi.

Terdapat momen menarik pada upacara wisuda UT yakni ketika para wisudawan dari UPBJJ-UT yang terpilih, memberikan hiburan kepada wisudawan lainnya dengan membawakan lagu dan yel-yel dari daerah asal mereka. Upacara wisuda periode I tahun 2017/2018 kali ini ditutup secara langsung oleh Rektor setelah pemberian selamat kepada wisudawan yang telah lulus.