Semangat HAKTEKNAS, UT Gelorakan Inovasi Pendidikan Jarak Jauh

Kota Makassar menjadi tuan rumah dalam Acara Puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2017 ke-22 yang mengambil tema “Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan”. Perhelatan akbar puncak HAKTEKNAS 2017 kali ini resmi dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla didampingi Presiden ke-3 RI BJ. Habibie, Menko Kemaritiman, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Ristektikdikti dan para jajaran kepala daerah yang sengaja diundang untuk menggelorakan semangat inovasi dan semangat kemaritiman.

Universitas Terbuka (UT) ikut menjadi bagian dalam perhelatan akbar Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) 2017 yang diselenggarakan di Center Point of Indonesia, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 10-13 Agustus 2017. UT unjuk gigi dalam pameran inovasi Ritech Expo yang tiap tahun memang selalu diadakan dalam rangkaian acara puncak. Tak heran UT ikut andil dalam pameran tersebut, dengan kemampuan menerapkan sistem teknologi pembelajaran jarak jauh yang hampir tersebar di seluruh kawasan Indonesia dan dimana ratusan ribu mahasiswa UT sudah menggunakan internet of things sebagai teknologi pembelajaran.

Partisipasi UT dalam pameran Ritech Expo 2017, sejalan dengan tag line “Gelorakan Inovasi”. Benda pamer Digital menjadi produk utama UT dalam pameran yang diikuti oleh ratusan dan puluhan Lembaga Pemerintah, Perguruan Tinggi Negeri serta Instisusi IPTEK dalam negeri. Layanan Bahan Ajar Digital, Tutorial Online, Sistem Ujian Online, Serta akses pembelajaran berbasis streaming yang dipamerkan UT mengundang para pengunjung pameran untuk datang ke stan UT.

Dipilihnya kota Makassar sebagai tuan rumah HAKTEKNAS 2017 merupakan event acara puncak pertama yang diadakan di luar pulau Jawa sejak diadakan pada periode tahun pertama di tahun 1995 dan menegaskan kembali bahwa pemilihan Kota Makassar sebagai puncak Hakteknas karena Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Pelabuhan Makassar adalah pintu gerbang pelayaran terpadat di Indonesia Timur.

Selamat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Ayoo Gelorakan Inovasi ....