Kowani Kembali Menjalin Kerja Sama dengan UT

Pelayanan pendidikan Universitas Terbuka (UT) memang tidak terbatas hanya pada kalangan tertentu saja. Amanat dari pemerintah menuntut UT untuk terus dapat melayani kebutuhan pendidikan masyarakat secara luas. Hal ini yang sampai sekarang tetap dijaga UT. Dalam mewujudkannya, UT terus menerus membuka peluang untuk bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat tanpa terkecuali. Bermacam institusi dan organisasi pun telah menjalin kerja sama dengan UT dalam upaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusianya melalui pendidikan tinggi.

Salah satunya, seperti penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan UT yang dilaksanakan di dalam rangkaian pembukaan acara Musyawarah Kerja Kowani di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2017) pagi. Dalam acara yang dibuka oleh Menteri Sosial RI tersebut, Ketua Umum Kowani Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd. dan Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph,D. bersama-sama menandatangani Nota Kesepahaman, dan disaksikan oleh para pengurus Organisasi Anggota Kowani yang datang dari 34 provinsi di Indonesia.

Pemberian Cindera Mata Icon UT

Dalam sambutannya, Ketua Umum Kowani menerangkan, diadakannya kerja sama dengan UT ini bertujuan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada wanita Indonesia untuk mempunyai pendidikan tinggi, tanpa ada keterikatan waktu.

Senada dengan Ketua Umum Kowani, Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menerangkan betapa pentingnya pendidikan bagi perempuan. Ia menjelaskan perempuan harus terdidik untuk membangun bargaining position, karena pada dasarnya hubungan suami istri adalah power relation. Power relation tersebut harus setara, sehingga tidak ada sub-ordinasi yang dialami oleh perempuan maupun laki-laki. Dengan demikian, kedua pihak akan dapat membangun kesadaran bersama. “Perempuan Indonesia harus maju dan siap menjadi ibu bangsa”, tutupnya sebelum membuka acara secara resmi.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan perpanjangan dari kerja sama antara kedua belah pihak pada tahun 2010 lalu. Ini menunjukkan, manfaat yang didapat dari kerja sama antara Kowani dan UT dapat dirasakan oleh kedua belah pihak, sehingga kerja sama semacam ini masih terus dijalin.