UT Gelar Silaturahmi Setelah Bulan Kemenangan

Suasana yang khidmat dan penuh makna di tengah nuansa kebahagiaan dan kegembiraan di hari kemenangan menjadikan silaturahmi adalah momen yang tepat untuk merayakan hari Idul Fitri. Diawali dengan saling bermaaf-maafan, yang merupakan simbol dan momen perubahan indikator keberhasilan dalam meraih ketaqwaan, dan kesejatian diri yang “fitri” yang senantiasa menebarkan cinta kasih, persaudaraan, kebersamaan, kemampuan menahan amarah, serta saling memaafkan.

Universitas Terbuka (UT) mewarnai kegiatan dihari pertama bekerja setelah cuti bersama Idul Fitri 1438 Hijriyah dengan mengadakan Halal Bi Halal silaturahim antara pimpinan, pegawai maupun Civitas Akademika yang di selenggarakan pada Senin, 3 Juli 2017 di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Tampak pegawai maupun pimpinan bersua saling berjabat tangan bermaaf-maafan menandakan silaturahmi Idul Fitri.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini menghadirkan penceramah KH. Cholil Nafis, Ph.D., yang berasal dari Lembaga Dakwah Islam Majelis Ulama Indonesia (MUI). Didahului pembacaan tilawah Al-Quran oleh Qori Drs. H. Imron Rosyadi ZA. Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, mengawali sambutan pertama dengan mengucapkan selamat hari raya idul fitri kepada para pegawai UT. “Atas nama pribadi berserta pimpinan UT, selamat hari raya idul fitri 1438 hijriyah, semoga ibadah puasa kita diterima Allah SWT dan semoga apa yang telah kita lakukan dapat betul-betul membuat kita kembali kejalan yang benar disertai peningkatan iman, ketaqwaan dan keikhlasan, ungkapnya. Dan dengan semangat idul fitri, Rektor juga mengajak para civitas untuk meningkatkan kualitas kinerja sehingga dapat membekali kinerja pada UT dimasa yang akan datang.

Sementara itu, KH. Cholil dalam ceramahnya mengajak kepada hadirin agar mampu mensyiarkan agama islam dalam hal apapun terlebih di momen Halal Bi Halal seperti ini yang menurutnya pendekatan agama melalui syiar sedikit berkurang, apalagi menurutnya saat ini banyak bermunculan ajaran islam yang tidak sesuai dengan syariatnya. Beliau juga banyak menjelaskan makna tradisi Halal Bi Halal yang banyak sering dilaksanakan terutama pada daerah di Indonesia. Diakhir ceramahnya, ia mengajak para hadirin untuk berdoa memohon kepada yang maha kuasa agar selalu dimudahkan dalam segala urusan dan diampuni segala kesalahan.

Di penghujung acara, penyanyi senior Yana Julio turut hadir meramaikan kegiatan silaturahmi dengan membawakan siraman lagu rohani islam yang didengarkan secara antusias oleh kurang lebih 500 para hadirin yang ada di gedung UTCC.