UT Malang Goes To Pesantren Al Hidayah Pasuruan

Dalam rangka lebih memasyarakatkan informasi tentang UT di kalangan pesantren, UPBJJ-UT Malang menyelenggarakan Silaturahmi dan Edukasi Universitas Terbuka atau UT Goes to Pesantren. Bertempat di Pondok Pesantren Al Hidayah Sukorejo Pasuruan pada Hari Kamis 18 Mei 2017 setelah didahului acara talkshow pada Rabu 17 Mei 2017 pukul 17.00 hingga 18.00 WIB yang disiarkan secara langsung oleh BIOS TV. Sebagai nara sumber talkshow PR IV UT Dr. Mohammad Yunus, MA. dan Kepala UPBJJ-UT Malang Dr. Agus Santoso, M.Si.

Silaturahmi ini diikuti oleh para siswa dari tidak kurang dari 850 siswa kelas XII yang berasal dari MA, SMA dan SMK di wilayah sekitar Ponpes Al Hidayah Sukorejo. Acara berlangsung mulai pagi hingga siang hari dibuka sekitar pukul 07.30 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Foto Bersama UT_Goes_to_Pesantren_Pasuruan_2017.JPG

KH. Mudjtaba Abdesshomad pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayah sebagai shohibul bait mengundang sejumlah tamu undangan, diantaranya Wakil Gubernur JawaTimur yang diwakili oleh Drs. Heri Bagus, M.Pd. dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur. Acara ini juga dihadiri Bupati Pasuruan Drs. H.M. Irsyad Yusuf, SE.,M.MA, Kepala Dinas Pendidikan dan Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan. Dan sejumlah pejabat Muspika Kecamatan Sukorejo serta pengasuh pondok pesantren dan para kepala MA, SMA dan SMK. Sedangkan dari UT hadir Pembatu Rektor IV Dr. Mohammad Yunus, MA bersama tim serta panitia dari UPBJJ-UT Malang.

UT_Goes_to_Pesantren_Pasuruan_2017.JPG

Sambutan di awali oleh KH. Mudjtaba yang dengan semangat tinggi menyampaikan keinginannya untuk melahirkan mahasiswa UT yang sekaligus hafal Quran yang berasal dari para santri di pondok pesantren yang ada di Pasuruan. Selanjutnya Dr. M. Yunus menyampaikan paparan tentang Universitas Terbuka dengan berbagai peran dan ragam layanan yang dimiliki khususnya bagi para santri pondok pesantren.

Sementara Bupati Pasuruan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada UT karena ikut meningkatkan indeks pendidikan di Kabupaten Pasuruan. Bupati berharap acara UT goes to pesantren ini bisa direplikasi di ponpes-ponpes lain di seluruh Kabupaten Pasuruan. Sebagai Nara sumber Dr. Habib Zainal Abidin, M.Ag. memaparkan akan pentingnya melanjutkan studi meskipun para siswa (santri) sudah bekerja dalam upaya peningkatan kualitas hidup. Beliau memotivasi para santri untuk bisa memilih UT karena terjangkau dan fleksibel. Uraian nara sumber secara garis besar dirangkum dengan tiga pilar pendidikan yang selama ini menentukan keberhasilan proses pendidikan para santri, yakni guru, kurikulum dan lingkungan.

Foto Bersama Rame-rame UT_Goes_to_Pesantren_Pasuruan_2017.JPG

Pelaksanaan program sosialisasi dan promosi dari kantor PR IV ini terselenggara dalam nuansa religius yang kental, dengan dihibur oleh hadirnya musik gambus dari group musik Zanzibar dari Malang yang mampu memukau para siswa kelas XII dan tamu yang hadir memenuhi pendapa dan halaman pondok pesantren. (Suyatno)