UT Banjarmasin Goes to Pesantren Al Falah Banjarbaru

Dalam rangka memasyarakatkan informasi tentang Universitas Terbuka di kalangan Pesantren, Universitas Terbuka (UT) Banjarmasin menyelenggarakan Silaturahmi, sosialisasi, dan edukasi Universitas Goes to Pesantren. Bertempat di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada hari Sabtu 20 Mei 2017. Kegiatan ini merupakan acara puncak dari kegiatan Road Show to Pesantren yang telah berlangsung dari tanggal 15 – 19 Mei 2017 dengan kegiatan seperti lomba-lomba diantaranya perlombaan Stand Up Comedy, Perlombaan Ranking 1, Perlomban Tilawatil Qur’an serta Nasyid dan perlombaan tersebut akan difinalkan pada tanggal 20 Mei 2017. Dan juga diadakan Talkshow yang akan ditayangkan di TVRI Banjarmasin pada hari Selasa 23 Mei 2017.

Silaturahmi yang diikuti tidak kurang dari 1000 orang siswa kelas XXII yang berasal dari 14 Ponpes (Ponpes Al Falah Putera, Ponpes Darussalam, Ponpes Darul Ilmi Putera, Ponpes Darul Hijrah Putera, Ponpes Walisongo, Ponpes Nurul Jannah, Ponpes Al Istiqomah, Ponpes Al Fulqon, Ponpes Miftahul Khairiyah dan Ponpes Darul Hijrah) Kegiatan UT Goes To Pesantren ini selain dihadiri oleh Pembantu Rektor IV UT Bidang Kerja Sama dan Penguatan Institusi Dr. Mohammad Yunus, S.S, MA dan Kepala UPBJJ-UT Banjarmasin Ir. Edward Zubir, MM juga turut hadir pula Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Bapak Sugiannoor, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel Bapak Drs. H. M. Yusuf Effendi, M.AP, Walikota Banjarbaru yang diwakili oleh Sekretaris KOMINFO kota Banjarbaru Johan Arifin, Kementerian Agama Provinsi Kalsel yang diwakili oleh Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf Ibu Dra. Hj.Nurmilati, M.Ap Serta Ketua Umum Yayasan Al Falah KH Noor Syahid Ramli, Lc dan Ketua Pondok Pesantren Al Falah Putera Ustadz Syamsuni, S.Pd.I. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren.

Pelaksanaan program sosialisasi dan promosi dari kantor Pembantu Rektor IV ini terselenggara dalam suasana religious yang kental dengan diiringi lantunan dari ayat-ayat suci Al Qur’an dan juga alunan Nasyid yang berasal dari para santri-santri sehingga memukau para undangan yang hadir dan juga para santri yang memenuhi pendopo- pendopo Pondok Pesantren Al Falah Putera.Dari semua kegiatan Edukasi ini diharapkan Universitas Terbuka dapat menjadi pilihan dalam meningkatkan Pendidikan Tinggi bagi Komunitas Pesantren, baik santri yang ingin melanjutkan ke jenjang sarjana ataupun para ustadz/ustadzah yang ingin melanjutkan ke jenjang Magister.