Peringatan Isra Mi’raj dan Sambut Bulan Ramadhan: Momentum Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja

Peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan sebuah peristiwa perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha dan sampai di langit ketujuh Surga Baitul Makmur untuk menerima perintah menunaikan shalat lima waktu sehari semalam. Peristiwa mulia tersebut dapat diperingati sebagai wujud rasa syukur para umatnya. Peringatan Isra Mi’raj juga dapat dijadikan momentum bagi para institusi/lembaga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bagi para pegawai maupun masyarakat.

Universitas Terbuka (UT) pada Senin 22 Mei 2017 memperingati Isra Mi’raj sekaligus silaturahmi menyambut bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah yang diselenggarakan di Gedung Pusat Kualitas UT Lt.3 dengan penceramah KH. Dr. Ali Nurdin M.A dari Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Jakarta. Acara diawali oleh penampilan marawis yang dilanjutkan pembacaan Tilawah Quran oleh Qori Ustadz Sofyan Hadi.

Sambutan Rektor yang diwakili Pembantu Rektor IV UT, Dr. Mohamad Yunus disampaikan bahwa ketika berbicara Ramadhan yang terbayang menurutnya adalah proses recharging diri disertai jiwa semangat yang terbarukan. “Oleh karena itu, atas nama pimpinan UT mari kita merenung dan meningkatkan kapasitas rohani, sehingga kita dapat menikmati pekerjaan serta pengabdian yang dilakukan tidak saja melebihi sekedar batas aturan normal tetapi sebagai kebahagiaan dari pengabdian kita terhadap yang maha kuasa”. ungkapnya.

KH. Dr. Ali Nurdin dalam ceramahnya menyampaikan tentang diperlukannya sikap sosial perilaku yang baik dalam menyongsong bulan Ramadhan. Menurutnya, sikap sosial yang baik perlu diajarkan terutama di lingkungan keluarga, karena saat ini untuk membentuk akhlaq yang baik juga menurutnya terbilang sulit ditengah kecenderungan pergaulan sosial modern kala ini. Diakhir ceramahnya, KH. Ali Nurdin mengajak agar saling mengingatkan tentang kebaikan dan jangan pernah berharap bisa merubah keadaan biarlah Allah SWT mencatat semua kebaikan yang sudah diperbuat.

Turut hadir pada peringatan Isra Mi’raj kali ini para pembantu rektor, para pejabat dan para pegawai UT di lingkungan UT Pusat. Kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah juga dijadikan para civitas akademika untuk saling bermaafan dengan bersalaman-salaman di akhir acara.