Peluncuran Bahan Ajar Digital Interaktif UT

Disela-sela kegiatan temu wicara pada seminar wisuda periode II wilayah 2 tahun 2017, Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof. Ir. Tian Belawati M.Ed., Ph.D meluncurkan inovasi dan layanan terbaru UT yakni Bahan Ajar Digital Interaktif UT atau disingkat BA Digital pada Senin, 15 Mei 2017 bertempat di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) yang dihadiri pejabat di lingkungan UT dan calon wisudawan.

Sesuai perkembangan teknologi serta modernisasi pendidikan di era digital, UT sebagai perguruan tinggi negeri jarak jauh berusaha menjangkau para mahasiswa dengan kemudahan dan fleksibiltas pembelajaran, salah satu layanan terbaru yang diluncurkan yakni Bahan Ajar Digital Interaktif. Dengan diperkaya sarana multimedia seperti audio, video, animasi, foto, gambar, dan grafik, BA Digital tersebut memungkinan kemudahan bagi para mahasiswa karna hanya cukup diakses menggunakan Smartphone/Tablet berbasis Android. Tidak hanya mudah dalam hal pengaksesan, BA Digital Interaktif tersebut juga dapat memungkinkan mahasiswa berpartisipasi secara aktif dan komunikatif dalam menggunakan aplikasi tersebut.

peluncuran_BA_digital

Disamping kegiatan temu wicara yang disertai peluncuran BA Digital Interaktif, UT juga mengadakan seminar wisuda dengan mengambil tema” Literasi Informasi di Era Digital”. Tema yang dipilih sangatlah tepat untuk dibahas di tengah berkurangnya kesadaran literasi oleh masyarakat pada saat ini. Prof. Ibnu Hamad, M.Si dari Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia dan Dhama Gustiar Baskoro, S.S M.Pd dari Universitas Pelita Harapan hadir sebagai pembicara utama pada kesempatan seminar wisuda tersebut. Di moderatori oleh Dr. Djoko Raharjo dari FISIP UT, kegiatan seminar berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam.

Pada sesi pembicara pertama, Prof. Ibnu Hamad yang berlatar belakang ilmu komunikasi memaparkan materi mengenai sebuah Fenomena komunikasi di era digital saat ini yang menurutnya semua informasi ada diujung jari “saat ini semua informasi dapat kita masukkan kedalam satu saku, apakah betul ?” ujarnya sambil bertanya ke calon wisudawan. Diakhir sesi paparannya, beliau berharap kepada peserta bahwa alangkah baiknya kelimpahan informasi yang ada saat ini sanggup meningkatkan kualitas personal, akademik dan profesionalisme. Dilanjutkan pembicara kedua yang diisi oleh Dhama Gustiar, beliau lebih banyak memaparkan materi mengenai pentingnya pembuatan literasi yang baik dan benar di sebuah institusi pendidikan. Beliau juga berpesan pada akhir paparannya ke calon wisudawan agar informasi saat ini banyak beredar lebih baik dianalisis dan di cek re-check terlebih dahulu sebelum disebarkan. Sesi seminar ditutup dengan dialog antara peserta seminar wisuda dengan pembicara.

peluncuran_BA_Digital

Diharapkan setelah peluncuran, dengan adanya BA Digital Interaktif ini dapat menarik mahasiswa untuk mempelajari materi bahan ajar dengan media yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Sebagai informasi, Layanan Bahan Ajar Digital Interaktif ini dapat diakses oleh mahasiswa khususnya Program Magister Manajamen Online mulai juli 2017.