Menyumbang untuk Kemanusiaan

Donor darah adalah tindakan mulia. Donor merupakan proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela. Untuk dapat menjadi seorang pendonor darah, terdapat proses seleksi. Seleksi diperlukan terkait dengan kesehatan calon pendonor.

Poliklinik Universitas Terbuka (UT), bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta. Kegiatan yang menjunjung tinggi nilai sosial ini dilakukan rutin antara, UT dengan UTD Fatmawati dalam tiga bulan sekali, hadir untuk mengambil darah dari pendonor pegawai UT. Kini Selasa, 23 Mei 2017, UTD RS Fatmawati hadir yang kedua, setelah bulan Februari 2017 lalu.

Donor_Darah_Univesitas_Terbuka_20170523

Peserta donor, hingga pukul 12.00 WIB yang mendaftar sebagai donor sebanyak 109 peserta. Peserta donor terdiri dari: karyawan UT, pensiunan UT, masyarakat sekitar UT Pusat, dan institusi di lingkungan Pondok Cabe. Namun demikian, tidak semua peserta dapat mendonorkan darahnya. Peserta donor, akan diseleksi. Hasil seleksi yang dapat diterima sebagai pendonor dari jumlah yang hadir, sebanyak 70 orang yang lolos. Selebihnya tidak dapat mendonorkan darahnya karena alasan medis.

Mulianya tindakan seorang pendonor. Penerima darah dari seorang pendonor, akan sangat terbantu dengan adanya para donor. Selain mengisi bank darah, selanjutnya bank darah akan mentransfusikan darahnya kepada orang yang membutuhkan. Transfusi darah bertujuan untuk menyelamatkan jiwa seseorang yang kekurangan darah, seperti: korban kecelakaan, sehingga banyak kehilangan darah, penderita penyakit tertentu yang akan menjalani operasi besar, atau kasus lain misalnya demam berdarah, talasemia mayor dan masih banyak lagi yang lain. (yon)