Perencanaan Matang untuk Hadapi Tantangan Zaman

Rapat Kerja Nasional Universitas Terbuka (Rakernas UT) tahun 2017 akhirnya ditutup pada Jumat, 17 Maret 2017 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Rakernas selama 5 hari ini secara resmi ditutup oleh Rektor UT sesaat sebelum memberikan sambutan penutup. Kegiatan ini menghasilkan bentuk final dari perencanaan, program, dan anggaran yang sudah disahkan untuk nantinya akan dijalankan pada tahun 2018.

Dalam sambutannya, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. bersyukur atas kelancaran jalannya kegiatan ini. Ia berpesan kepada peserta untuk dapat menjalankan program dan anggaran yang sudah direncanakan dengan konsisten dan amanah, sesuai dengan pakta integritas yang sudah ditandatangani oleh masing-masing pejabat terkait.

Rektor juga menerangkan tantangan apa yang akan dihadapi oleh UT di masa depan. Dengan perkembangan teknologi khususnya internet saat ini, paradigma sharing sudah tidak dapat dibendung lagi. Dalam paradigma ini, siapa pun dapat dengan mudah membuat materi/konten dan sekaligus mengunggahnya, serta berbagi dengan siapa saja.

Menurutnya, paradigma sharing ini menuntut penyedia layanan pendidikan seperti UT untuk berpikir di luar kotak dan keluar dari zona nyaman. Ia menekankan perlunya merancang strategi untuk menghadapi fenomena ini. UT sendiri, sedikit demi sedikit sudah berjalan pada jalur yang benar. Namun demikian, UT harus tetap melakukan inovasi-inovasi untuk mengembangkan layanan pendidikan. “Kita harus meletakkan kepentingan mahasiswa sebagai pusat dari sistem dan kebijakan kita, karena di era teknologi ini, tuntutan terhadap pendidikan itu adalah accessible. Artinya harus bisa menerima sebanyak-banyaknya orang, harus bisa diakses siapa saja, tapi tidak boleh melupakan kualitas” jelasnya.

Penutupan Rakernas UT 2017

Dalam rangkaian acara penutupan Rakernas tersebut, UT juga meluncurkan salah satu sistem terbaru UT, yakni Dashboard UT. Dasboard UT merupakan resume berbagai informasi yang penting, terkait dengan berbagai lini, untuk kepentingan manajemen, mahasiswa, ataupun dosen. Sistem Dashboard UT ini mendukung pengguna dalam pengambilan keputusan, baik bagi pengguna dari level manajemen, mahasiswa, dan juga dosen. Sistem ini bertujuan untuk menyediakan dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi yang berkualitas. Singkatnya, pengguna akan dimudahkan dengan dapat mengakses berbagai layanan informasi ke-UT-an yang sesuai dengan kebutuhannya, dalam satu pintu.