Pelantikan Kepala BAUK Baru di Awal 2017

Mengawali tahun 2017 ini, serah terima jabatan kembali diadakan di lingkungan Universitas Terbuka (UT) kantor pusat. Pada serah terima jabatan kali ini, UT memiliki Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) baru. Selain serah terima jabatan, diselenggarakan pula pelepasan 5 pegawai UT yang memasuki masa purnabakti termasuk Kepala BAUK periode sebelumnya. Acara tersebut digelar di Balai Sidang Gedung Kualitas UT pada 3 Januari 2017 pagi.

Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI nomor: 168/M/KPT.KP/2016 tanggal 21 November 2016, Wagimin, S.H., C.N. diberhentikan dengan hormat sebagai Kepala Bagian Umum, Hukum, dan Tatalaksana pada BAUK-UT dan kemudian diberi jabatan sebagai Kepala BAUK-UT menggantikan Drs. Sulaiman, M.M. Prosesi serah terima jabatan Kepala BAUK tersebut dilakukan sesaat setelah pengambilan sumpah jabatan yang dipandu oleh Rektor UT.

Serah Terima Jabatan Ka. BAUK dan Pelepasan Pegawai

Pada kesempatan yang sama, pegawai UT yang memasuki masa purnabakti yakni Dra. Theodore Harefa; Drs. Sulaiman, M.M.; Drs. Teguh Budhy Prayitno, M.M.; Ismawati, S.Sos.; dan Herman, dilepas secara resmi oleh Rektor.

Dalam sambutannya, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. memberikan ucapan selamat kepada Kepala BAUK yang baru dilantik. “Kita UT sangat beruntung memiliki kader untuk jabatan Eselon II di lingkungan UT, dari dalam, dengan kompetensi yang sangat mumpuni” katanya. Rektor meyakini Kepala BAUK yang baru sudah paham sekali dengan sistem dan aturan-aturan perundangan yang berkaitan dengan UT. Rektor juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Drs. Sulaiman, M.M. yang telah mengakhiri masa baktinya sebagai kepala BAUK sekaligus masa baktinya sebagai PNS di UT dengan kinerja yang sangat baik. Banyak sekali proses administrasi UT yang secara praktis mengalami perubahan ketika ia menjabat. Rektor menyampaikan apresiasinya pula kepada pegawai UT yang telah mengakhiri tugas tanpa cacat. Ia berharap apa yang akan dilakukan di 2017 ke depan akan meningkatkan produktivitas dan manfaat UT bagi masyarakat.

Penunjukan Wagimin, S.H., C.N. sebagai Kepala BAUK yang baru tersebut merupakan penunjukan pejabat struktural pertama di lingkungan UT, yang dipilih dan dilantik dengan model rekruitmen pejabat baru, yakni melalui proses lelang jabatan. Ia secara signifikan menyisihkan calon-calon lainnya dengan memperoleh nilai paling tinggi.