Menuju Birokrasi Transparan dan Akuntabel, UT Adakan Diskusi Kearsipan

“Peran Arsip dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Transparan dan Akuntabel” menjadi tema Diskusi Kearsipan yang diadakan di Gedung Serba Guna Universitas Terbuka (UT) kantor pusat, pada 15 Desember 2016. Diskusi Kearsipan ini menghadirkan Deputi Bidang Konservasi Arsip Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Dr. M. Taufik, M.Si sebagai pembicara. Diskusi Kearsipan ini diprakarsai oleh Pusat Layanan Pustaka (Puslata) UT, sebagai unit yang memiliki peranan penting dalam kearsipan di UT.

Diskusi Kearsipan UT 2016

Dalam sambutannya sebelum membuka acara, Pembantu Rektor (PR) II Dra. Dewi A.Padmo Putri, M.A., Ph.D sedikit menyinggung bagaimana kearsipan di UT diterapkan. Walau dengan jumlah pegawai sekitar 2000, namun jumlah mahasiswa yang mencapai sekitar 300 ribu berdampak pada jumlah kearsipan yang sangat besar. Oleh karenanya, UT sangat mendorong agar kearsipan UT dapat tertata dengan baik. “Dalam waktu 2 menit kita bisa memperoleh arsip yang kita inginkan” katanya saat menyontohkan profesionalisme kearsipan UT. Dengan pengalaman yang sedemikian rupa, ia berharap UT bisa menjadi benchmark mengenai kearsipan untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Seperti halnya tema yang diambil dalam diskusi tersebut, dalam paparannya yang diberi judul “Peran Arsip dalam Tata Kelola Pemerintahan yang Transparan dan Akuntabel di Era Keterbukaan Informasi Publik”, M. Taufik menekankan betapa pentingnya peran kearsipan dari sebuah institusi. Kearsipan adalah bagian dari alat bukti. Pendekatan reformasi dan arsip sangat tidak bisa dilepaskan karenan setiap reformasi birokrasi akan menghasilkan arsip. Implementasi dari kearsipan yang merupakan bentuk dari transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik ini juga selaras dengan Nawacita. Pada sesi yang dimoderatori oleh dosen Prodi Kearsipan (D-IV) Siti Samsiyah, S.S., M.Si ini, beberapa peserta pun secara antusias mengajukan pernyataan-pertanyaan terkait dengan permasalahan kearsipan yang kerap ditemui.

Foto Bersama Diskusi Kearsipan UT 2016

Diskusi Kearsipan ini merupakan salah satu langkah UT untuk meningkatkan profesionalisme pengelolaan arsip UT. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat arsip UT yang jumlahnya sangat besar dan masih terus bertambah. Kedatangan ANRI di UT bukan merupakan pertama kali. Beberapa waktu yang lalu pihak ANRI juga sempat mengunjungi dan melihat bagaimana UT mengelola kearsipannya secara professional.