Acara Kunjungan Pimpinan UT ke KBRI Athena

Membina kerja sama dengan mitra yang telah mendukung para mahasiswa UT kuliah di luar negeri dengan bersilaturahmi. Minggu 15 Mei 2016, Yang Mulia Duta Besar Republik Indonesia untuk Yunani, di Athena, Bapak Benny Bahanadewa, berkenan menerima kunjungan Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D., didampingi Pembantu Rektor IV, Dr. Mohamad Yunus, M.A., dan Kepala UPBJJ-UT LLN, Dr. M. Gorky Sembiring.

Pimpinan UT diterima Bapak Duta Besar pada pukul 11.00 waktu Athena didampingi Pejabat Fungsi Pensosbud, Bapak John Ad Miral. Pada pertemuan tersebut Rektor UT terlebih dahulu menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas bantuan dan dukungan Bapak Duta Besar dan staf terkait sehingga layanan UT bisa dimanfaatkan oleh WNI yang sedang berdomisili di Yunani.

Kunjungan UT ke Athena 2016

Bapak Duta Besar menyambut baik keberadaan layanan UT di Yunani karena bisa menjadi wahana yang produktif bagi kita semua untuk meningkatkan kualifikasi anak-anak bangsa tanpa kendala yang berarti. WNI yang berdomisili di Yunani lumayan banyak, hampir 1000 orang. Para WNI ini berkerja di berbagai bidang dan sektor yang dari segi waktu dan tempat tinggal tidak memungkinakan jika harus melanjutkan pendidikan atau kuliah dengan cara tatap muka. Bapak Duta Besar menyampaikan komitmen untuk lebih menyebarluaskan lagi tentang layanan UT melalui berbagai cara, utamanya dengan memanfaatkan media elektronik dan juga kegiatan rutin secara tatap muka lainnya. Untuk lebih memantapkan lagi pengakuan masyarakat tentang UT di Yunani, Bapak Duta Besar mengusulkan dengan menjadwalkan agenda komunikasi antara masyarakat Indonesia di Yunani dengan UT secara langsung (melalui media elektronik, konferensi video misalnya) yang difasilitasi langsung oleh KBRI. KBRI akan membantu menyediakan tempat dan mengadakan peralatan yang diperlukan untuk itu.

Mahasiswa UT yang registrasi pada 2016.1 ini dan mengikuti UAS pada 15 Mei yang lalu berjumlah 8 (delapan) orang. Pada saat Pimpinan UT beraudiensi dengan Bapak Duta Besar dan Pejabat Fungsi Pensosbud, kedelapan mahasiswa tersebut sedang mengikuti UAS hari ke 2. Pada saat istirahat, Bapak Duta Besar bersama dengan Ibu Rektor menyediakan waktu untuk berdialog dengan para mahasiswa yang disambut rasa senang dan antusias.

Setelah dialog dengan mahasiswa, acara dilanjutkan dengan syukuran atas lulusnya mahasiswa UT angkatan 2011 di Yunani, yaitu Yudi Irawan. Yudi lulus tepat waktu namun pada saat wisuda pada periode yang lalu, ia tidak bisa hadir di UTCC Pondok Cabe karena tidak mendapat ijin cuti. Namun begitulah cerita hidup. Yudi malah mendapat kesempatan menerima ijazah langsung dari Rektor disaksikan semua mahasiswa dan jajaran pimpinan serta staf terkait dari KBRI. (GS/TL/SM)