Mahasiswa Surabaya Adu Terampil

dies-27-surabaya-2011-hasca

Serangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis UT ke-27 masih berlangsung di UPBJJ-UT. Salah satunya adalah kegiatan lomba cerdas cermat, vokal grup, dan pidato. Acara yang diselenggarakan di Aula lantai II Gedung UPBJJ-UT Surabaya, Selasa (18/10) ini, diikuti oleh peserta yang berasal dari 18 perwakilan kabupaten-kota wilayah cakupannya. Akan tetapi, tidak semua wilayah kabupaten kota mengirimkan wakilnya di tiga cabang yang diikuti oleh unsur mahasiswa tersebut.

Untuk lomba pidato, ada enam peserta yang hadir, yaitu dari wilayah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Ngawi. Adapun lomba vokal grup, diikuti oleh wakil mahasiswa dari Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Ngawi. Sementara itu, untuk lomba cerdas cermat, diikuti oleh mahasiswa dari Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kota Surabaya, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Mojokerto.

Lasiman, salah satu peserta lomba pidato menyatakan, kegiatan semacam ini sangat bagus dan dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakatnya. “Kalau kegiatan ini bisa diikuti semua wilayah yang masuk UPBJJ-UT Surabaya, pasti akan lebih kompetititf”, ujarnya. Bagi mahasiswa, menurut Nur-mahasiswa asal Kabupaten Bojonegoro, lomba ini bisa lebih mengakrabkan hubungan antar mahasiswa. Ia pun mengharapkan, acara semacam ini dapat berlangsung secara sportif dan penuh kekeluargaan. “Saya dan teman-teman dari Bojonegoro, nyanyi Hymne UT dan satu lagu khas dari Madura. Bojonegoro sudah punya juga lagu khas, tapi belum diresmikan untuk publik”, papar gadis yang tercatat sebagai mahasiswa Program S1 PAUD ini.

Di samping itu, dalam sambutannya, Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Prof. Dr. Rusijono, M.Pd. menyatakan, mahasiswa perlu mengikuti kegiatan ini agar mereka semakin memiliki kepercayaan diri yang tinggi, hingga mampu berkompetisi secara nasional. “Anda harus bekerja dan belajar sekaligus, sehingga hasil Anda pun bisa menembus dan diakui oleh dunia pendidikan secara nasional”, katanya ketika menutup kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah dan populer bagi mahasiswa sebagai rangkaian kegiatan Dies UT ke-27 ini. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini, tampak dalam tabel berikut.

Juara Nama Jenis lomba Asal kabupaten/kota
1 Sri Rahayu Pidato Kabupaten Mojokerto
2 Nunuk Alisa Kabupaten Gresik
3 Lasiman Kabupaten Sidoarjo
1 Supriyanto, Neni Kristiani, Punjung Darmawan, dan Wawan Vokal grup Kabupaten  Ngawi
2 Jun Inayati Rahman, Siti Rachman Dania, Ayu Juwito Putri, dan Amos Julio P Kabupaten Gresik
3 Suryanto, Sitha Sukriany Arfah, Siti Komaryatin, dan Risa Erina Kota Surabaya
1 Alfian Fauzi, Hendri Sutrisno, dan Mukhliswatin Cerdas cermat Kabupaten Lamongan
2 Lila Zulfiana, Wiwin Astutik, dan Ma’rufah Kabupaten Gresik
3 Variawati, Laily Kusuma W, dan Juwariyah Kota Surabaya

Di pengujung acara, seluruh peserta lomba mengikuti kegiatan ramah tamah dalam acara makan siang bersama di ruang pertemuan lantai I UPBJJ-UT Surabaya. (hasca)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn