Peresmian Kantor Baru UPBJJ-UT Kupang

Jumat 9 Desember 2011, Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan Peresmian Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Gedung UPBJJ-UT Kupang bertempat di Gedung UPBJJ-UT Kupang Jl. Pulau Indah No.6 Oesapa Barat, Kupang. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Terbuka Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Drs. Frans Lebu Raya dalam hal ini diwakili oleh Asisten 3 Bidang Administrasi Umum, Sekda Provinsi Nusa Tenggara Timur Ir. Eddy Ismail, MM, Rektor Universitas Nusa Cendana Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc., Ph.D, Pembantu Rektor II UT Ir. Nadia Sri Damajanti, M.Ed., M.Si., Para Pembantu Rektor Universitas Nusa Cendana, Para Mantan Kepala UPBJJ-UT Kupang dan Kepala UPBJJ-UT Kupang, serta para tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan pembacaan doa dan laporan kepala UPBJJ-UT Kupang Drs. R Alam Malau, M.Si., sambutan Rektor UT, dan sambutan Gubernur Nusa Tenggara Timur, acara penandatanganan prasasti, pengguntingan pita, dan dilanjutkan dengan kunjungan di area gedung baru UPBJJ-UT Kupang.

Peresmian-Kantor-UPBJJ-UT-Kupang-Des2011

Dalam sambutan, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, menjelaskan secara singkat tentang Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri dengan sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh. Dengan sistem pembelajaraan seperti ini, UT telah terbukti mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat sampai ke pelosok desa, sehingga siapapun yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi dapat difasilitasi tanpa terkendala masalah jarak, waktu, dan biaya. Melalui 37 kantor UPBJJ-UT di seluruh Indonesia, saat ini UT memiliki mahasiswa hampir 600 ribu orang. Di provinsi Nusa Tenggara Timur sendiri, UT dibawah pengelolaan UPBJJ-UT Kupang saat ini memiliki lebih dari 23 ribu mahasiswa, dimana 80% diantaranya adalah para guru SD dan PAUD yang sedang mengabdi di sekolah-sekolah di seluruh NTT. Raktor juga menyampaikan bahwa gedung Kantor UPBJJ-UT Kupang ini, dibangun dengan standar banguanan dan kelengkapan yang baku, seperti di UPBJJ-UPBJJ UT lainnya, yaitu memiliki; ruang layanan mahasiswa, ruang tutorial dan ruang online, ruang video conference , ruang kepala dan staf, ruang-ruang pertemuan serta perangkat teknologi komunikasi dan informasi yang memadai.

Dalam Pidato Gubernur yang dibacakan oleh Asisten 3 Bidang Administrasi Umum, menyampaikan bahwa pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengucapkan selamat kepada Universitas Terbuka untuk mendukung pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan masyarakat di NTT. Dengan diresmikannya pemanfaatan Gedung Kantor UPBJJ-UT Kupang ini, semoga kantor baru ini dapat meningkatkan motivasi kepala serta seluruh staf UPBJJ-UT Kupang dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada mahasiswa, sehingga dapat berkontribusi secara lebih nyata lagi dalam peningkatan kualitas SDM di Nusa Tenggara Timur yang tercinta ini.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn