UPI UPBJJ-UT Purwokerto 2011

Pada Selasa dan Rabu 20 dan 21 Desember 2011, UPBJJ-UT Purwokerto menyelenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) di Gedung Soemardjito, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Sebelum UPI dilaksanakan, sehari sebelumnya pada Senin 19 Desember 2011 di tempat yang sama, dilaksanakan Seminar Mahasiswa dengan tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia Yang Berwawasan Lingkungan”, yang disampaikan oleh Dr. Doso Sarwanto, MP beliau adalah Pembantu Rektor I Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto.

upi-upbjj-purwokerto-des-2011

Acara UPI diawali prosesi diiringi lagu Nyiur Hijau yang dinyanyikan oleh Paduan Suara pokjar Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, untuk hari pertama dan Paduan Suara pokjar Cilacap, Kabupaten Cilacap untuk hari ke dua. Periode 2011.2 mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studinya sejumlah 2085 orang, yang terdiri dari 271 orang non pendidikan dasar (non pendas) dan 1814 orang pendidikan dasar (pendas), yang telah mengikuti Wisuda di Jakarta 300 orang.

Pejabat yang hadir dalam rangka UPI adalah Rektor Unsoed yang diwakili oleh Pembantu Rektor I, Bupati, Kepala BKD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala-Kepala UPT se wilayah UPBJJ-UT Purwokerto. Hadir pula dalam UPI tersebut, mantan-mantan Kepala UPBJJ UT dan Dekan FISIP UT, Daryono SH, MA, Ph.D. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Terbuka yang disampaikan Dekan FISIP mengatakan bahwa Indonesia memerlukan sumber daya manusia sebagai pelaku dan pemelihara pembangunan. Untuk memenuhi sumber daya manusia seperti itu, pendidikan memiliki fungsi dan peran yang sangat penting. Pendidikan berkaitan dengan pembentukan watak atau karakter peserta didik sehingga mampu bersaing dengan cerdas, jujur, dan tangguh, berinteraksi dengan masyarakat dengan penuh kepedulian. Karakter dibangun sejak usia dini, dalam membangun karakter bangsa melalui sektor pendidikan tidak lagi bersifat dogmatis tetepai lebih bersifat experimential yang konstrukti. Pendidikan karakter bukanlah sebuah mata pelajaran, melainkan sebuah proses pendidikan nilai yang yan diimplementasikan dalam keseluruhan proses budaya sekolah.Diakhir sambutannya Beliau mengajak para wisudawan yang sudah melalui proses pendidikan UT diharapkan mau dan mampu mengembangkan, menanamkan dan mendesiminasikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai sumber karakter yang dimiliki bangsa Indonesia, baik di lingkungan tempat kerja, di masyarakat, dan dimanapun mahasiswa berada.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn