Workshop Pengembangan Kit Tutorial FKIP – UT Tahun 2013

Workshop Pengembangan Kit Tutorial FKIP-UT juli 2013

Pada hari-hari pertama di bulan Ramadhan, tepatnya Rabu-Jumat, 10-12 Juli 2013, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP-UT) menyelenggarakan kegiatan workshop pengembangan Kit Tutorial (kit-tut). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang Wisma 3 UT. Tujuan workshop ini adalah untuk menghasilkan 55 Kit Tutorial yang memiliki standar akademik sehingga dapat dimanfaatkan para tutor dalam memberikan tutorial untuk membantu para mahasiswa dalam menguasai materi mata kuliah yang ditutorialkan.

Acara secara resmi dibuka pada hari Rabu, 10 Juli 2013 pukul 15.00 WIB oleh Pembantu Rektor (PR) I UT, Dr. Yuni Tri Hewindati. Dalam sambutan pembukaannya, PR I menjelaskan bahwa kit-tut merupakan salah satu bentuk layanan bantuan pembelajaran yang diberikan untuk mahasiswa. Agar tutorial benar-benar memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam menguasai materi pembelajaran, maka dibutuhkan kit terstandar dengan baik yang dapat menjadi acuan bagi tutor-tutor daerah di seluruh Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT). Tentu saja, kit tersebut harus mampu memandu para tutor agar mereka memiliki persepsi yang sama tentang materi mata kuliah yang ditutorialkan.

Dalam acara tersebut, bertindak sebagai narasumber adalah Dr. Siti Julaeha, M.A. Dalam paparannya, narasumber menyegarkan kembali ingatan para pengembang dan penelaah tentang komponen-komponen dalam kit tutorial, misalnya dimulai bagaimana merumuskan alur penyusunan materi kit tutorial yang menarik melalui media power point. Peserta juga diingatkan kembali bagaimana menganalisis kompetensi yang diharapkan dikuasai sampai dengan bentuk tugas tutorial yang harus diberikan, standardisasi kegiatan tutorial, dan penjaminan mutu tutorial, termasuk Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT) dan Satuan Acara Tutorial (SAT), pedoman penskoran tugas tutorial, dan Pokok Materi Tutorial.

Sebelum acara workshop dimulai, Dekan FKIP-UT, Drs. Udan Kusmawan, M.A, Ph.D. juga melakukan diskusi dengan para peserta workshop tentang pengalaman yang dimiliki para dosen terkait dengan kit-tut selama pelaksanaan tutorial. Diskusi tersebut dimaksudkan pula untuk menghimpun masukan guna memberikan masukan dalam pengembangan kit-tut yang sedang dikembangkan.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn