Berita - Universitas Terbuka http://www.ut.ac.id/berita.html Mon, 22 Dec 2014 11:10:15 +0700 id-id Kesimpulan Penting ICDE - UNESCO Policy Forum 2014 http://www.ut.ac.id/berita/1039-pesan-dari-icde-di-bali.html http://www.ut.ac.id/berita/1039-pesan-dari-icde-di-bali.html

ICDE UNESCO Pilicy Forum 2014 Bali Indonesia

Kesimpulan Penting ICDE - UNESCO Policy Forum
Tentang Perluasan Akses Pendidikan Bagi Masyarakat Terhadap Pendidikan Berkualitas

Bali, November 2014

Akses terhadap pembelajaran secara terbuka, online, dan fleksibel, termasuk keberhasilannya, merupakan solusi kunci terhadap tantangan dan kebutuhan masyarakat abad ke-21.

]]>
bagus@ut.ac.id (ICDE) Berita Fri, 05 Dec 2014 05:10:09 +0700
Wisuda UT Periode IV Wilayah 2 tahun 2014 http://www.ut.ac.id/berita/1034-wisuda-ut-periode-iv-wilayah-2-tahun-2014.html http://www.ut.ac.id/berita/1034-wisuda-ut-periode-iv-wilayah-2-tahun-2014.html

Wisuda periode 4 wilayah 2 tgl 02 Des 2014

Universitas Terbuka (UT) pada wisuda yang terakhir dilaksanakan 2014 ini meluluskan 27.251 lulusan. Penyelenggaraan Wisuda Periode IV wilayah 2 di UTCC pada Selasa, 2 Desember 2014 dimulai pada pukul 08.00 WIB. Lulusan terbaik, terpilih untuk dapat di wisuda di UT Pusat sejumlah 1.383 wisudawan.

]]>
emilly@ut.ac.id (Emilly Susanti, S.Ik.) Berita Tue, 02 Dec 2014 06:23:14 +0700
Revolusi Mental mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini http://www.ut.ac.id/berita/1033-revolusi-mental-mulai-dari-pendidikan-anak-usia-dini.html http://www.ut.ac.id/berita/1033-revolusi-mental-mulai-dari-pendidikan-anak-usia-dini.html

Temu Wicara 01 Des 2014

Pengembangan kebudayaan maupun karakter bangsa dapat diwujudkan melalui dunia pendidikan. Revolusi mental dimulai dari pendidikan anak usia dini, mengingat peran pendidikan anak usia dini sangat strategis dalam membentuk mental anak bangsa. Hal inilah yang mendasari Universitas Terbuka (UT) mengambil tema “Memaknai Revolusi Mental Melalui Ejawantah Reformasi dalam Pendidikan” pada Seminar Nasional yang diselenggarakan di UTCC pada 1 Desember 2014.

seminar revolusi mental 01 Des 2014

Seminar didahului dengan Temu Wicara pada pukul 08.30 WIB. Acara ini dipimpin oleh Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati M.Ed., Ph.D yang didampingi oleh Pembantu Rektor I, II dan Pembantu Rektor III dengan moderator Pembantu Rektor IV. Rektor mengawali temu wicara ini dengan memperkenalkan seluruh pimpinan unit di lingkungan UT. Pada temu wicara kali ini, Rektor UT mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang lulus tidak mudah di UT. Rektor memaparkan bahwa yang terundang untuk wisuda di UT Pusat adalah orang-orang terbaik dan orang-orang terpilih, oleh karena itu merupakan kebanggan dapat lulus dan di wisuda di UT Pusat. Rektor UT mendapat pengakuan dari dunia Internasional, penghargaan Doctor Honoris Causa dari Wawasan Open University, Malaysia. Rektor juga menambahkan bahwa UT sebagai tuan rumah ICDE SCOP President Summit yang mendapatkan pengakuan dari para perserta bahwa acara terselenggara dengan sangat profesional dan paripurna, kegiatan tersebut di hadiri oleh 80 peserta dari 43 negara di dunia. Dengan demikian Rektor menghimbau berbanggalah sebagai alumni UT yang citranya diakui di dunia Internasional.

Acara temu wicara yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya ini sangatlah positif. Para calon wisudawan selain dapat mengenal para pimpinan di UT juga dapat berinteraksi langsung dengan mereka. Pada sesi tanya jawab para mahasiswa menyampaikan suka duka kuliah di UT dan memberi masukan untuk pengembangan UT ke depan, agar pelayanan UT kepada mahasiswa semakin baik.

sosialisasi gpo ika ut 01 Des 20142

Acara seminar dimulai pukul 09.30 WIB yang dimoderatori oleh Dr. Suci Isman, dengan pembicara Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. R. Agus Sartono, MBA. Seminar kali ini diikuti kurang lebih 1.300 calon wisudawan yang diharapkan dapat membangun persamaan persepsi mengenai substantif inti dari revolusi mental, dalam makna pembangunan bangsa dan karakter, yaitu pembangunan manusia Indonesia seutuhnya atau manusia Pancasila yang paripurna, dengan kendaraan utamanya adalah Sistem Pendidikan Nasional. Sesi terakhir ditutup dengan sosialisasi Guru Pintar Online (GPO) yang disampaikan oleh Mery Noviyanti, S.Si, M.Si dan sosialisasi Ikatan Alumni UT (IKA-UT) yang disampaikan oleh Chanif Nurcholis, M.Si..

]]>
emilly@ut.ac.id (Emilly Susanti, S.Ik.) Berita Mon, 01 Dec 2014 02:12:56 +0700
Kurikulum 2013 Untuk Membangun Generasi Emas http://www.ut.ac.id/berita/1030-kurikulum-2013-untuk-membangun-generasiemas.html http://www.ut.ac.id/berita/1030-kurikulum-2013-untuk-membangun-generasiemas.html

TingTing

Diterapkannya Kurikulum 2013 menimbulkan beberapa dinamika dikalangan insan pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya pemahaman bagi kita semua bahwa kurikulum ini semata adalah untuk kemajuan pendidikan di Indonesia dan untuk membangun generasi emas. Hal inilah, salah satu di antaranya, yang melatar belakangi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-(FKIP-UT) mengangkat tema “Kurikulum 2013 untuk Membangun Generasi Emas” yang diselenggarakan pada 29 November 2014 dalam Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VI. Tema tersebut sangat relevan dengan situasi dan perkembangan dunia pendidikan saat ini.

Pembukaan TING VI tahun 2014 ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPPMP) Kemendikbud, Prof. Dr. Syawal Gultom (mewakili Menteri Pendidikan Dasar dan Menegah dan Kebudayaan), didampingi Pembantu Rektor I Dr. Yuni Tri Hewindati dan Dekan FKIP-UT,Dr. Udan Kusmawan, M.A., Ph.D.

Selain diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Guru, TING VI ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perayaan Dies Natalis ke – 30 UT yang merupakan ajang tempat bertemunya guru dari berbagai penjuru tanah air yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan profesional guru. Pemakalah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sebanyak 103 orang dengan perincian 33 guru dan dosen 70 dosen yang berasal dari berbagai penjuru tanah air, dan peserta yang terdaftar dalam kegiatan ini sekitar 1100 orang.

Dalam sambutannya, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, yang dalam hal ini disampaikan oleh Pembantu Rektor I Dr. Yuni Tri Hewindati berharap agar TING VI Tahun 2014 tidak hanya berhasil merumuskan berbagai saran masukan konstruktif dalam penyelenggaraan Kurikulum 2013, tetapi juga dapat mendorong semua pihak terkait untuk mengimplementasikan saran masukan tersebut dalam praktek pendidikan kita sehari-hari. Dalam kesempatan ini Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri beserta jajarannya yang telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Terbuka untuk menyelenggarakan TING.

Dalam paparannya sebagai Pembicara Kunci, Prof. Dr. Syawal Gultom menjelaskan bahwa terdapat beberapa pemikiran yang harus selalu diperhatikan para guru, yakni perubahan pola pikir, pergeseran konsep dan implementasi pedagogi, gerakan membangkitkan peran dan tanggungjawab guru, serta berpartisipasi aktif dalam membangun kultur sekolah dan juga berperan aktif dalam membangun jaringan kerjasama sekolah.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Djaali, serta paparan pemakalah lain dalam kelas-kelas paralel. Jika dilihat dari makalah yang dipaparkan, komposisi pemakalah antara guru dengan dosen telah menunjukkan perubahan yang cukup besar. Jika pada masa awal-awal TING pemakalah guru sekitar 10-20 %, maka pada TING VI tahun 2014 ini jumlah pemakalah dari guru semakin banyak. Hal ini tentu satu hal yang menggembirakan kita semua karena sumbang saran pemikiran para guru untuk mencerdaskan kehidupan bangsa selalu kita harapkan. Acara ditutup oleh Dekan FKIP-UT, Dr. Udan Kusmawan, M.A., Ph.D.

]]>
humas@ut.ac.id (humas) Berita Sat, 29 Nov 2014 04:19:52 +0700
UT dan Telkom University Jalin Kerjasama http://www.ut.ac.id/berita/1028-ut-dan-telkom-university-jalin-kerjasama.html http://www.ut.ac.id/berita/1028-ut-dan-telkom-university-jalin-kerjasama.html

MoU UT Telkom University November 2014 Bandung

Penguatan jaringan kemitraan kembali dilakukan Universitas Terbuka (UT) untuk meningkatkan mutu program dan layanan pendidikannya. Bertempat di Ruang Multimedia, Gedung Learning Center, Universitas Telkom, Bandung TechnoPlex, Jl. Telekomunikasi No.1, Terusan Buah Batu, Bandung, UT melakukan penandatangan nota ksepahaman kerjasama dengan Telkom University (Tel-U) pada Rabu, 27 November 2014 Kegiatan penandatanganan ini disaksikan oleh Bapak Johny Girsang, Ketua Telkom Foundation, Dr. Ishadi, para Wakil Rektor dan pejabat Tel-U, para dosen dan beberapa mahasiswa Tel-U, Pembantu Rektor IV-UT dan Dekan FMIPA UT, serta para tamu Tel-U.

Tel-U dan UT sepakat untuk menunjang pengembangan institusi, khususnya melalui sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh. Kerja sama dengan ruang lingkup: pelaksanaan bersama dan pembinaan tridharma perguruan tinggi, penyelenggaraan pendidikan jarak jauh, pengembangan program studi, kegiatan bersama di bidang riset dan inovasi dan knowledge sharing topik penelitian yang relevan, pemagangan mahasiswa, serta kegiatan bersama lainnya dalam bidang akademik dan kemahasiswaan.

Rektor Telkom University, Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D dalam sambutannya mengatakan bahwa UT adalah PTN besar dengan sistem pendidikan jarak jauh yang sudah mapan. Tel-U akan belajar banyak tentang E-learning dan pengembangan layanan pendidikan jarak jauh bagi program-program pendidikan yang dimiliki Tel-U.

Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D sangat menyambut baik kerja sama ini. Melalui kemitraan ini, Tel-U diharapkan dapat membantu UT dalam pengembangan program S1 Informatika. Di samping itu, para mahasiswa Tel-U khususnya yang memiliki latar belakang pendidikan programming dan network engginering dapat melakukan pemagangan baik di UT Pusat maupun di UPBJJ-UT. Dengan upaya ini diharapkan para mahasiswa memiliki wawasan dan pengalaman komprehensif yang dapat membantu layanan pendidikan masyarakat Indonesia yang sangat heterogen, baik dari sisi geografis maupun sosial-ekonomi, dengan terobosan kekuatan IT yang dikembangkannya.

]]>
fia@mail.ut.ac.id (T Lufiana) Berita Thu, 27 Nov 2014 09:53:57 +0700
Pimpinan Institusi Pendidikan Jarak Jauh dari Berbagai Negara Bertemu di Bali http://www.ut.ac.id/berita/1026-pimpinan-institusi-pendidikan-jarak-jauh-dari-berbagai-negara-bertemu-di-bali.html http://www.ut.ac.id/berita/1026-pimpinan-institusi-pendidikan-jarak-jauh-dari-berbagai-negara-bertemu-di-bali.html

icde scop 2014 bali

International Council for Open and Distance Education (ICDE) menyelenggarakan konferensi tahunan The Presidents’ Summit on Open Education Models di Hotel Ayodya, Nusa Dua Bali, pada tanggal 19 sampai dengan 21 November 2014. Universitas Terbuka (UT) sebagai anggota ICDE yang senantiasa berperan aktif dalam meningkatkan mutu, akses, pemerataan dan layanan Pendidikan Terbuka Jarak Jauh (PTJJ) di lingkup regional maupun global, tahun ini dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara. The Presidents’ Summit yang bertemakan “Leadership Challenges : Approaches to Succesfull Open Education Models” dibuka oleh Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen DIKTI, Dr. Ir. Illah Sailah, MS. pada tanggal 19 November 2014 pukul 9.00 WITA. Para peserta konferensi adalah pimpinan penyelenggara pendidikan jarak jauh dari 43 negara di Asia, Australia, Eropa, Amerika dan Afrika.

Dalam sambutannya, Rektor UT, Prof Ir. Tian Belawati M.Ed., Ph.D yang juga menjabat sebagai Presiden ICDE periode 2012-2015 dan bertindak sebagai ketua penyelenggara dari konferensi ini menyampaikan bahwa President Summit ini difokuskan pada pembahasan tentang isu-isu penting seperti pengembangan strategi bisnis model yang berkelanjutan melalui pendekatan pedagogis. Para peserta diharapkan tidak hanya mendapatkan wawasan praktis yang professional untuk diterapkan di lembaga masing-masing dengan sukses, namun secara pribadi juga akan memperoleh pengalaman dan manfaat dari jejaring yang luas.

Sesuai dengan temanya, Prof. Tian menyampaikan bahwa tujuan dari konferensi ini adalah untuk menyatukan pandangan para peserta tentang berbagai masalah global yang sedang dan akan dihadapi dunia pendidikan tinggi jarak jauh dan bagaimana para institusi penyelenggara dapat bekerjasama menerapkan konsep-konsep kepemimpinan berikut model-model pendekatan strategis dalam mengatasi berbagai permasalahan yang sedang dan akan dihadapinya tersebut.

Dengan terselenggaranya President Summit ini, diharapkan dapat menghasilkan komitmen para peserta untuk mempererat kerjasama dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi jarak jauh dan menciptakan kesempatan yang lebih besar bagi masyarakat untuk mendapatkan akses ke pendidikan tinggi. President Summit berikutnya akan diselenggarakan di Afrika Selatan, yang akan bersamaan dengan ICDE World Conference dengan tuan rumah, UNISA, University of South Africa .

]]>
fia@mail.ut.ac.id (T Lufiana) Berita Wed, 19 Nov 2014 22:42:21 +0700
Wisuda Periode IV 2014 Wilayah I http://www.ut.ac.id/berita/1024-wisuda-periode-iv-2014-wilayah-i.html http://www.ut.ac.id/berita/1024-wisuda-periode-iv-2014-wilayah-i.html

Wisuda periode IV wilayah 1 11 Nov 2014

Universitas Terbuka (UT) kembali melaksanakan upacara Wisuda pada Selasa, 11 Nopember 2014, bertempat di Balai Sidang UT (UT Convention Center), Pondok Cabe. Upacara Wisuda kali ini dihadiri 1.942 wisudawan.

]]>
ihyaalfarisi6@gmail.com (Ihya Alfarisi) Berita Tue, 11 Nov 2014 11:04:00 +0700
Seminar Wisuda Periode IV 2014 Wilayah I http://www.ut.ac.id/berita/1021-seminar-wisuda-periode-iv-2014.html http://www.ut.ac.id/berita/1021-seminar-wisuda-periode-iv-2014.html

Eko Indrajit Seminar wisuda  11 Nov 2014

“PERAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER (TIK) DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN”

Seminar Wisuda Periode IV Wilayah I tahun 2014 pada Senin 10 November bertemakan Peran TIK Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran, dihadiri oleh 3.000 calon wisudawan terpilih dari 27.252 lulusan untuk wisuda di Tangerang Selatan dari berbagai daerah. Seminar didahului dengan temu wicara yang dipimpin oleh Rektor, didampingi oleh para Pembantu Rektor, serta tanya jawab dengan para calon wisudawan. Di akhir sesi temu wicara Rektor memohon doa dari para calon wisudawan agar ditahun 2015 UT ingin mencapai layanan bagi para tuna netra dalam bentuk uji coba pada salah satu program studi S1 dimana bahan ajarnya semua akan di MP3 kan, sehingga para mahasiswa tuna netra dapat mempelajari bahan ajar tanpa membaca, hanya mendengarkan. Disampaikan bahwa alumni UT wajib percaya diri, juga harus bangga karena proses belajar dilakukan secara mandiri, dan tidak meninggalkan tanggungjawab yang lain.

Temu Wicara Seminar 11 Nov 2014

Pembicara pada Seminar Wisuda adalah Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit M.Sc., MBA., Mphil., MA. Dikatakan bahwa masa depan internet di Indonesia tergantung dari kita semua, dan dari semua perguruan tinggi yang filosofinya paling maju adalah UT. Dari kata Terbuka kita mengatakan bahwa ilmu adalah milik semua orang dan harus disampaikan ke semua orang. Tuhan memberikan ilmu kepada semua orang secara gratis, begitu pula kita juga harus memberikan kepada semua orang dengan cuma-cuma.

Setelah mendapat informasi dan ilmu baru melalui temu wicara dan seminar, para calon wisudawan juga mendapatkan sosialisasi tentang Guru Pintar Online (GPO) dan Ikatan Alumni UT (IKA-UT).

]]>
adri@ut.ac.id (Adri Sarosa) Berita Mon, 10 Nov 2014 03:19:12 +0700
Upacara Bendera Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2014 http://www.ut.ac.id/berita/1020-upacara-bendera-memperingati-hari-pahlawan-10-november-2014.html http://www.ut.ac.id/berita/1020-upacara-bendera-memperingati-hari-pahlawan-10-november-2014.html

upacara hari pahlawan 69 ut 10 nov 2014

“PAHLAWANKU IDOLAKU” demikian tema yang diangkat pada Peringatan Hari Pahlawan ke 69 Tahun 2014. Senin, 10 November 2014 bertempat di halaman Pusat Layanan Pustaka (Puslata) seluruh pimpinan dan pegawai Universitas Terbuka (UT) berkumpul untuk melaksanakan Upacara Hari Pahlawan ke 69.

]]>
donny@mail.ut.ac.id (Donny M Iqbal) Berita Mon, 10 Nov 2014 02:14:16 +0700
Pelantikan Kepala Biro Administrasi Akademik, Perencanaan, dan Monitoring UT http://www.ut.ac.id/berita/1019-pelantikan-kepala-biro-administrasi-akademik-perencanaan-dan-monitoring-ut.html http://www.ut.ac.id/berita/1019-pelantikan-kepala-biro-administrasi-akademik-perencanaan-dan-monitoring-ut.html

pelantikan kepala baapm ut nov 2014

Pada Jum’at, 7 November 2014 bertempat di Aula Gedung Serbaguna Universitas Terbuka berlangsung acara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan serta Pelepasan Pegawai yang telah Memasuki Masa Purna Bakti di Lingkungan Universitas Terbuka.

]]>
donny@mail.ut.ac.id (Donny M Iqbal) Berita Fri, 07 Nov 2014 01:29:38 +0700