Berita - Universitas Terbuka http://www.ut.ac.id/berita.html Thu, 27 Nov 2014 08:29:03 +0700 id-id Pimpinan Institusi Pendidikan Jarak Jauh dari Berbagai Negara Bertemu di Bali http://www.ut.ac.id/berita/1026-pimpinan-institusi-pendidikan-jarak-jauh-dari-berbagai-negara-bertemu-di-bali.html http://www.ut.ac.id/berita/1026-pimpinan-institusi-pendidikan-jarak-jauh-dari-berbagai-negara-bertemu-di-bali.html

icde scop 2014 bali

International Council for Open and Distance Education (ICDE) menyelenggarakan konferensi tahunan The Presidents’ Summit on Open Education Models di Hotel Ayodya, Nusa Dua Bali, pada tanggal 19 sampai dengan 21 November 2014. Universitas Terbuka (UT) sebagai anggota ICDE yang senantiasa berperan aktif dalam meningkatkan mutu, akses, pemerataan dan layanan Pendidikan Terbuka Jarak Jauh (PTJJ) di lingkup regional maupun global, tahun ini dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara. The Presidents’ Summit yang bertemakan “Leadership Challenges : Approaches to Succesfull Open Education Models” dibuka oleh Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen DIKTI, Dr. Ir. Illah Sailah, MS. pada tanggal 19 November 2014 pukul 9.00 WITA. Para peserta konferensi adalah pimpinan penyelenggara pendidikan jarak jauh dari 43 negara di Asia, Australia, Eropa, Amerika dan Afrika.

Dalam sambutannya, Rektor UT, Prof Ir. Tian Belawati M.Ed., Ph.D yang juga menjabat sebagai Presiden ICDE periode 2012-2015 dan bertindak sebagai ketua penyelenggara dari konferensi ini menyampaikan bahwa President Summit ini difokuskan pada pembahasan tentang isu-isu penting seperti pengembangan strategi bisnis model yang berkelanjutan melalui pendekatan pedagogis. Para peserta diharapkan tidak hanya mendapatkan wawasan praktis yang professional untuk diterapkan di lembaga masing-masing dengan sukses, namun secara pribadi juga akan memperoleh pengalaman dan manfaat dari jejaring yang luas.

Sesuai dengan temanya, Prof. Tian menyampaikan bahwa tujuan dari konferensi ini adalah untuk menyatukan pandangan para peserta tentang berbagai masalah global yang sedang dan akan dihadapi dunia pendidikan tinggi jarak jauh dan bagaimana para institusi penyelenggara dapat bekerjasama menerapkan konsep-konsep kepemimpinan berikut model-model pendekatan strategis dalam mengatasi berbagai permasalahan yang sedang dan akan dihadapinya tersebut.

Dengan terselenggaranya President Summit ini, diharapkan dapat menghasilkan komitmen para peserta untuk mempererat kerjasama dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi jarak jauh dan menciptakan kesempatan yang lebih besar bagi masyarakat untuk mendapatkan akses ke pendidikan tinggi. President Summit berikutnya akan diselenggarakan di Afrika Selatan, yang akan bersamaan dengan ICDE World Conference dengan tuan rumah, UNISA, University of South Africa .

]]>
fia@mail.ut.ac.id (T Lufiana) Berita Wed, 19 Nov 2014 22:42:21 +0700
Wisuda Periode IV 2014 Wilayah I http://www.ut.ac.id/berita/1024-wisuda-periode-iv-2014-wilayah-i.html http://www.ut.ac.id/berita/1024-wisuda-periode-iv-2014-wilayah-i.html

Wisuda periode IV wilayah 1 11 Nov 2014

Universitas Terbuka (UT) kembali melaksanakan upacara Wisuda pada Selasa, 11 Nopember 2014, bertempat di Balai Sidang UT (UT Convention Center), Pondok Cabe. Upacara Wisuda kali ini dihadiri 1.942 wisudawan.

]]>
ihyaalfarisi6@gmail.com (Ihya Alfarisi) Berita Tue, 11 Nov 2014 11:04:00 +0700
Seminar Wisuda Periode IV 2014 Wilayah I http://www.ut.ac.id/berita/1021-seminar-wisuda-periode-iv-2014.html http://www.ut.ac.id/berita/1021-seminar-wisuda-periode-iv-2014.html

Eko Indrajit Seminar wisuda  11 Nov 2014

“PERAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER (TIK) DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN”

Seminar Wisuda Periode IV Wilayah I tahun 2014 pada Senin 10 November bertemakan Peran TIK Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran, dihadiri oleh 3.000 calon wisudawan terpilih dari 27.252 lulusan untuk wisuda di Tangerang Selatan dari berbagai daerah. Seminar didahului dengan temu wicara yang dipimpin oleh Rektor, didampingi oleh para Pembantu Rektor, serta tanya jawab dengan para calon wisudawan. Di akhir sesi temu wicara Rektor memohon doa dari para calon wisudawan agar ditahun 2015 UT ingin mencapai layanan bagi para tuna netra dalam bentuk uji coba pada salah satu program studi S1 dimana bahan ajarnya semua akan di MP3 kan, sehingga para mahasiswa tuna netra dapat mempelajari bahan ajar tanpa membaca, hanya mendengarkan. Disampaikan bahwa alumni UT wajib percaya diri, juga harus bangga karena proses belajar dilakukan secara mandiri, dan tidak meninggalkan tanggungjawab yang lain.

Temu Wicara Seminar 11 Nov 2014

Pembicara pada Seminar Wisuda adalah Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit M.Sc., MBA., Mphil., MA. Dikatakan bahwa masa depan internet di Indonesia tergantung dari kita semua, dan dari semua perguruan tinggi yang filosofinya paling maju adalah UT. Dari kata Terbuka kita mengatakan bahwa ilmu adalah milik semua orang dan harus disampaikan ke semua orang. Tuhan memberikan ilmu kepada semua orang secara gratis, begitu pula kita juga harus memberikan kepada semua orang dengan cuma-cuma.

Setelah mendapat informasi dan ilmu baru melalui temu wicara dan seminar, para calon wisudawan juga mendapatkan sosialisasi tentang Guru Pintar Online (GPO) dan Ikatan Alumni UT (IKA-UT).

]]>
adri@ut.ac.id (Adri Sarosa) Berita Mon, 10 Nov 2014 03:19:12 +0700
Upacara Bendera Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2014 http://www.ut.ac.id/berita/1020-upacara-bendera-memperingati-hari-pahlawan-10-november-2014.html http://www.ut.ac.id/berita/1020-upacara-bendera-memperingati-hari-pahlawan-10-november-2014.html

upacara hari pahlawan 69 ut 10 nov 2014

“PAHLAWANKU IDOLAKU” demikian tema yang diangkat pada Peringatan Hari Pahlawan ke 69 Tahun 2014. Senin, 10 November 2014 bertempat di halaman Pusat Layanan Pustaka (Puslata) seluruh pimpinan dan pegawai Universitas Terbuka (UT) berkumpul untuk melaksanakan Upacara Hari Pahlawan ke 69.

]]>
donny@mail.ut.ac.id (Donny M Iqbal) Berita Mon, 10 Nov 2014 02:14:16 +0700
Pelantikan Kepala Biro Administrasi Akademik, Perencanaan, dan Monitoring UT http://www.ut.ac.id/berita/1019-pelantikan-kepala-biro-administrasi-akademik-perencanaan-dan-monitoring-ut.html http://www.ut.ac.id/berita/1019-pelantikan-kepala-biro-administrasi-akademik-perencanaan-dan-monitoring-ut.html

pelantikan kepala baapm ut nov 2014

Pada Jum’at, 7 November 2014 bertempat di Aula Gedung Serbaguna Universitas Terbuka berlangsung acara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan serta Pelepasan Pegawai yang telah Memasuki Masa Purna Bakti di Lingkungan Universitas Terbuka.

]]>
donny@mail.ut.ac.id (Donny M Iqbal) Berita Fri, 07 Nov 2014 01:29:38 +0700
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-86 http://www.ut.ac.id/berita/1017-upacara-peringatan-hari-sumpah-pemuda-ke-86.html http://www.ut.ac.id/berita/1017-upacara-peringatan-hari-sumpah-pemuda-ke-86.html

upacara bendera sumpah pemuda 28 oktober 2014

Dengan semangat, para pimpinan dan pegawai Universitas Terbuka (UT) melangkahkan kaki ke halaman Pusat Layanan Pustaka (Puslata) untuk melaksanakan Upacara Sumpah Pemuda ke-86 pada Selasa 28 Oktober 2014. Selaku pembina upacara adalah Pembantu Rektor II, Dr. Dewi Padmo, MA. Bertindak sebagai petugas upacara adalah para pegawai Fakultas Ekonomi (FEKON) UT.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun ini mengangkat tema "Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan". Tema tersebut mengandung pesan bahwa kita berupaya agar para pemuda dapat memainkan perannya secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan nasional. Soliditas pemuda sangat penting artinya untuk mencapai kemajuan pemuda sebagai syarat utama kemajuan suatu bangsa. Jika pemuda solid maka bangsa kita akan semakin maju, kuat dan bersatu, sehingga pembangunan dapat kita laksanakan secara lancar dan berkelanjutan.

Sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (MENPORA RI), dibacakan oleh Pembina Upacara. Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa Pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas yang tinggi, yang mampu mengatasi pelbagai persoalan yang dihadapinya dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global. Pemuda yang maju adalah pemuda yang mampu berfikir positif, yang senantiasa terus berorientasi pada kejayaan bangsanya demi keunggulan dan kegemilangan masa depan, tidak mudah menyerah, bertanggungjawab dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakatnya dan untuk bangsanya.

Di samping itu, para pemuda Indonesia harus terus memegang teguh komitmennya untuk selalu menjaga keutuhan bangsa dan Negara, yang di dalam dirinya selalu terpatri jiwa dan semangat nilai-nilai Pancasila. Pemuda yang akan selalu mempertahankan tanah air, bangsa dan negara dan selalu menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.

Selanjutnya Pembina Upacara juga membacakan sambutan Rektor UT, dalam sambutannya diawali dengan permohonan maaf karena tidak dapat hadir pada upacara ini selanjutnya beliau berharap agar para pegawai UT dapat meningkatkan kinerja guna memenuhi kontrak kerja PTN PBLU sehingga dapat terus mempertahankan predikat sebagai PTN PBLU.

]]>
emilly@ut.ac.id (Emilly Susanti, S.Ik.) Berita Tue, 28 Oct 2014 04:18:41 +0700
Refleksi Pembangunan Sosial, Ekonomi dan Politik di Indonesia http://www.ut.ac.id/berita/1014-refleksi-pembangunan-sosial-ekonomi-dan-politik-di-indonesia.html http://www.ut.ac.id/berita/1014-refleksi-pembangunan-sosial-ekonomi-dan-politik-di-indonesia.html

fasli djalal seminar fisip fekon ut 2014

Pembangunan sosial, ekonomi dan politik belum dilakukan dengan optimal dikarenakan lemahnya tata kelola pembangunan. Untuk itu kita perlu melakukan refleksi apakah tata kelola pembangunan sosial, politik dan ekonomi kita sudah pada jalur yang benar sesuai dengan cita-cita kemerdekaan. Diharapkan dengan refleksi tersebut, kita dapat mengambil langkah perbaikan demi masa depan Indonesia yang lebih baik. Untuk itulah diadakan Seminar Nasional dengan tema: “Refleksi Pembangunan Sosial, Ekonomi dan Politik di Indonesia”.

sesi panel seminar fisip fekon ut 2014

Seminar Nasional ini diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) pada 23 Oktober 2014 oleh Fakultas Ekonomi(FEKON) UT dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UT. Pembicara utama adalah Kepala BKKBN, Prof. dr. Fasli Djalal Ph.D., SpGK, Pembicara Panel, Prof. Dr. Ahmad Erani Yustika, SE., M.Sc. (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dan Direktur Eksekutif INDEF); Yudi Latif, MA., Ph.D. (Ketua Reform Institute). Sebagai moderator dalam sesi panel adalah Dr. Sri Sedianingsih, M.Si. dari FISIP UT.

pembukaan seminar fisip fekon ut 2014

Dr. Ginta Ginting MBA., ketua panitia Semnas ini melaporkan ada 89 pemakalah yang berasal dari dosen UT, mahasiswa dan perguruan tinggi lain. Dua sesi paralel terdiri 7 ruang kelas. Tujuan seminar ini terinspirasi dari fakta di lapangan bahwa pembangunan sosial, ekonomi dan politik belum dilakukan dengan optimal dikarenakan lemahnya tatakelola pembangunan. Melalui seminar ini diharapkan dapat memberi manfaat dan menjadi forum diseminasi yang dapat dijadikan masukan bagi peningkatan pembangunan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia.

Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D dalam pidatonya yang diwakili oleh Pembantu Rektor II, Dr.Yuni Tri Hewindati, menyampaikan tentang tema seminar yang sangat relevan dengan situasi dan kondisi terkinidi Indonesia, khususnya dalam meyikapi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada tahun 2015. Ada beberapa keuntungan bagi negara yang sudah siap menyongsong (MEA) ini, antara lain adalah meningkatnya daya kompetisi dalam persaingan ekonomi antar negara, serta pemerataan pertumbuhan ekonomi antara negara di Asia Tenggara. Ketiadaan halangan tarif, membuat masyarakat Asean dapat menikmati produk produk berkualitas secara kompetitif. Namun disisi lain akan menjadi ancaman bagi produk lokal yang tidak mampu bersaing. Hal inilah tentunya harus menjadi perhatian kita semua para akademisi, praktisi maupun birokrasi untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia bersaing di kawasan Asean.

Prof. dr. Fasli Djalal Ph.D., SpGK, dalam presentasinya yang berjudul “Optimalisasi Bonus Demografi dalam Pembangunan Bangsa dan Negara” menyajikan beberapa grafik yang menunjukkan gambaran pergerakan pertumbuhan penduduk, yang dilanjutkan dengan penjelasan tentang bonus demografi dan tantangan bidang pendidikan dan ketenagakerjaan.

Melalui seminar ini diharapkan dapat memberikan mafaat dan menjadi forum diseminasi yang dapat dijadikan masukan bagi peningkatan pembangunan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia.

]]>
bagus@ut.ac.id (bagus) Berita Fri, 24 Oct 2014 01:01:54 +0700
Kunjungan Osaka Gas Foundation ke Universitas Terbuka http://www.ut.ac.id/berita/1013-kunjungan-osaka-gas-foundation-ke-universitas-terbuka.html http://www.ut.ac.id/berita/1013-kunjungan-osaka-gas-foundation-ke-universitas-terbuka.html

kunjungan ogfice jepang ut okt 2014

Pada hari Selasa 21 Oktober 2014, Pembantu Rektor III, Dr. Aminudin Zuhairi, M.Ed., menerima kunjungan Direktur Eksekutif Osaka Gas Foundation of International Cultural Exchange (OGFICE ) Toru Yoshioka beserta rombongan. Rangkaian kunjungan tersebut diawali dengan pertemuan yang bertempat di ruang sidang Rektor gedung Rektorat UT lantai 1. Dalam pertemuan tersebut, Pembantu Rektor III UT didampingi oleh Pembantu Rektor I, Dr. Yuni Tri Hewindati, Pembantu Rektor IV, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A., Kepala LPBAUSI, Dewi Mutiara, SH.,MT., Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI), Suci M. Isman, Ph.D., Koordinator Pemeliharaan Pusat Komputer UT, Ir. Argadatta Sigit, M.Ed., dan Penanggungjawab Pengembangan dan Aplikasi Pusat Komputer UT, Dimas Agung Prasetyo, S. Kom., M.Sc . Sedangkan, Direktur OGFICE didampingi oleh Bapak Pontoh dan Bapak H. Yosodarmo dari perwakilan OGFICE di Indonesia. Pertemuan yang dimulai pukul 11.00 WIB tersebut membahas tentang realisasi bantuan OGFICE kepada UT untuk tahun 2014.

Pada pertemuan yang berlangsung dengan hangat tersebut, pihak UT melaporkan bahwa bantuan dari OGFICE Tahun 2014 tersebut, sesuai dengan proposal yang telah diajukan, digunakan untuk pelatihan dan pembelian peralatan yang terkait dengan pengembangan Grand Design ICT-UT . Selanjutnya, Direktur OGFICE secara resmi menyerahkan piagam tanda bukti pemberian bantuan dana kepada Rektor UT yg diwakili oleh Pembantu Rektor III-UT. Pada kesempatan itu pula pihak OGFICE menyampaikan bahwa meskipun kondisi ekonomi Jepang sedang kurang baik, mereka akan tetap memberikan bantuan kepada UT untuk tahun 2015 dengan jumlah dana kurang lebih sama dengan tahun 2014.

OGFICE adalah lembaga yang dibentuk oleh perusahaan Osaka Gas Co., Ltd. pada tahun 1992, yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara negara-negara penghasil gas alam dengan Jepang, dalam rangka menjaga stabilitas ketersediaan gas. OGFICE telah memberikan bantuan finansial kepada UT sejak tahun 2004 untuk penyediaan alat-alat multimedia, ICT dan pelatihan staf. Seluruh peralatan yang dibutuhkan dan dibeli dengan dana tersebut sudah tersedia sedangkan untuk pelatihan staf baru akan dilakukan pada bulan November 2014.

Selanjutnya Rombongan OGFICE menuju Pusat Komputer untuk melihat peralatan yang telah dibeli dengan menggunakan dana bantuan OGFIFICE tahun 2014. Pembantu Rektor UT III didampingi oleh Ka. Pusat Komputer UT, Dra Dyah Paminta Rahayu, M.Si. menunjukan peralatan yang telah dibeli dan beberapa produk yang telah dihasilkan dari peralatan tersebut kepada Direktur OGFICE, salah satunya adalah Server Storage Area Network (SAN Server) dan juga sekaligus menempelkan stiker OGFICE sebagai tanda bahwa alat tersebut adalah bantuan dari OGFICE.

]]>
donny@mail.ut.ac.id (Donny M Iqbal) Berita Thu, 23 Oct 2014 06:38:58 +0700
Wisuda UT Periode III tahun 2014 http://www.ut.ac.id/berita/1011-wisuda-ut-periode-iii-tahun-2014.html http://www.ut.ac.id/berita/1011-wisuda-ut-periode-iii-tahun-2014.html

Wisuda UT 14 okt 2014 UTCC

Mendekati akhir tahun 2014, Universitas Terbuka kembali menyelenggarakan wisuda bagi ribuan lulusan yang terpilih di UTCC, Tangerang Selatan, 14 Oktober 2014. Peserta wisuda yang berasal dari berbagai daerah tersebut merupakan hasil seleksi dari 8.332 lulusan UT pada periode ini.

]]>
bagus@ut.ac.id (bagus) Berita Tue, 14 Oct 2014 03:30:01 +0700
Seminar Peningkatan Kualitas SDM Indonesia Menghadapi MEA http://www.ut.ac.id/berita/1009-seminar-peningkatan-kualitas-sdm-indonesia-menghadapi-mea.html http://www.ut.ac.id/berita/1009-seminar-peningkatan-kualitas-sdm-indonesia-menghadapi-mea.html

Seminar wisuda MEA 13 Okt 2014

Pada akhir 2015 nanti, akan dimulai suatu pasar tunggal bagi negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Pasar yang dikenal dengan istilah Masyarakat Ekomoni Asean (MEA) tersebut akan membuka akses lebih mudah dalam transaksi barang dan jasa di antara negara-negara Asia Tenggara. Dengan kemudahan yang ditawarkan MEA, tentunya menjadi tantangan bagi Indonesia dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat bersaing di segala bidang. Terkait dengan hal tersebut, UT sebagai salah satu perguruan tinggi yang berperan serta dalam meningkatkan kualitas SDM, menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Peningkatan Kualitas SDM Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”.

Seminar yang diselenggarakan pada 13 Oktober 2014 tersebut menghadirkan 2 orang pembicara. Paparan pertama disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, Tasdik Kinanto SH, M.Hum., kemudian dilanjukan Guru Besar Universitas Indonesia yang diwakili oleh Prof. Dr. Martani Huseini. Kegiatan yang berlangsung di gedung UTCC, Pondok Cabe ini, diikuti oleh para calon wisudawan UT yang akan melaksanakan wisuda pada 14 Oktober 2014 di tempat yang sama. Jalannya seminar berlangsung dengan baik dengan dipandu oleh Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si., Kepala Program Studi Ilmu Pemerintahan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UT.

Temu Wicara 13 Okt 2014

Dalam rangkaian acara seminar, Rektor UT, Prof. Tian Belawati didampingi oleh para Pembantu Rektor, menyambut para calon wisudawan dalam sesi Temu Wicara, yang berlangsung sebelum kegiatan seminar. Dalam Temu Wicara tersebut, Rektor UT menyampaikan kepada para calon wisudawan, agar selalu menumbuhkan sikap mandiri, seperti halnya menempuh pendidikan secara jarak jauh di UT yang menuntut mahasiswa belajar disiplin dan mandiri. Para calon wisudawan juga diberi kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan, saran atau kritik tentang UT, yang dipandu oleh Pembantu Rektor IV, Dr. M. Yunus MA. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Hewindati, Pembantu Rekor I UT, menginformasikan bahwa UT telah mendapatkan izin untuk menyelenggarakan program S2 Magister Pendidikan Dasar, yang pada tahap awal akan dibuka di hanya UPBJJ-UT tertentu.

Menjelang akhir acara, Irsanti Widuri Asih,S.Sos., MS.i dari FISIP UT menyampaikan informasi tentang Open Education Resources (OER) UT, disebut juga Sumber Belajar Terbuka (Suaka UT) yang dapat diakses secara online di website UT. Selain itu, peserta seminar yang baru menjadi alumni UT ini, mendapatkan informasi mengenai Ikatan Alumni UT(IKA-UT) oleh Dr.Chanif Nurcholis, M.Si., dosen pada FISIP-UT.

]]>
bagus@ut.ac.id (bagus) Berita Mon, 13 Oct 2014 03:22:38 +0700