Berita - Universitas Terbuka http://www.ut.ac.id/berita.html Sun, 26 Oct 2014 00:27:32 +0700 id-id Refleksi Pembangunan Sosial, Ekonomi dan Politik di Indonesia http://www.ut.ac.id/berita/1014-refleksi-pembangunan-sosial-ekonomi-dan-politik-di-indonesia.html http://www.ut.ac.id/berita/1014-refleksi-pembangunan-sosial-ekonomi-dan-politik-di-indonesia.html

fasli djalal seminar fisip fekon ut 2014

Pembangunan sosial, ekonomi dan politik belum dilakukan dengan optimal dikarenakan lemahnya tata kelola pembangunan. Untuk itu kita perlu melakukan refleksi apakah tata kelola pembangunan sosial, politik dan ekonomi kita sudah pada jalur yang benar sesuai dengan cita-cita kemerdekaan. Diharapkan dengan refleksi tersebut, kita dapat mengambil langkah perbaikan demi masa depan Indonesia yang lebih baik. Untuk itulah diadakan Seminar Nasional dengan tema: “Refleksi Pembangunan Sosial, Ekonomi dan Politik di Indonesia”.

sesi panel seminar fisip fekon ut 2014

Seminar Nasional ini diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) pada 23 Oktober 2014 oleh Fakultas Ekonomi(FEKON) UT dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UT. Pembicara utama adalah Kepala BKKBN, Prof. dr. Fasli Djalal Ph.D., SpGK, Pembicara Panel, Prof. Dr. Ahmad Erani Yustika, SE., M.Sc. (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dan Direktur Eksekutif INDEF); Yudi Latif, MA., Ph.D. (Ketua Reform Institute). Sebagai moderator dalam sesi panel adalah Dr. Sri Sedianingsih, M.Si. dari FISIP UT.

pembukaan seminar fisip fekon ut 2014

Dr. Ginta Ginting MBA., ketua panitia Semnas ini melaporkan ada 89 pemakalah yang berasal dari dosen UT, mahasiswa dan perguruan tinggi lain. Dua sesi paralel terdiri 7 ruang kelas. Tujuan seminar ini terinspirasi dari fakta di lapangan bahwa pembangunan sosial, ekonomi dan politik belum dilakukan dengan optimal dikarenakan lemahnya tatakelola pembangunan. Melalui seminar ini diharapkan dapat memberi manfaat dan menjadi forum diseminasi yang dapat dijadikan masukan bagi peningkatan pembangunan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia.

Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D dalam pidatonya yang diwakili oleh Pembantu Rektor II, Dr.Yuni Tri Hewindati, menyampaikan tentang tema seminar yang sangat relevan dengan situasi dan kondisi terkinidi Indonesia, khususnya dalam meyikapi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada tahun 2015. Ada beberapa keuntungan bagi negara yang sudah siap menyongsong (MEA) ini, antara lain adalah meningkatnya daya kompetisi dalam persaingan ekonomi antar negara, serta pemerataan pertumbuhan ekonomi antara negara di Asia Tenggara. Ketiadaan halangan tarif, membuat masyarakat Asean dapat menikmati produk produk berkualitas secara kompetitif. Namun disisi lain akan menjadi ancaman bagi produk lokal yang tidak mampu bersaing. Hal inilah tentunya harus menjadi perhatian kita semua para akademisi, praktisi maupun birokrasi untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia bersaing di kawasan Asean.

Prof. dr. Fasli Djalal Ph.D., SpGK, dalam presentasinya yang berjudul “Optimalisasi Bonus Demografi dalam Pembangunan Bangsa dan Negara” menyajikan beberapa grafik yang menunjukkan gambaran pergerakan pertumbuhan penduduk, yang dilanjutkan dengan penjelasan tentang bonus demografi dan tantangan bidang pendidikan dan ketenagakerjaan.

Melalui seminar ini diharapkan dapat memberikan mafaat dan menjadi forum diseminasi yang dapat dijadikan masukan bagi peningkatan pembangunan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia.

]]>
bagus@ut.ac.id (bagus) Berita Fri, 24 Oct 2014 01:01:54 +0700
Kunjungan Osaka Gas Foundation ke Universitas Terbuka http://www.ut.ac.id/berita/1013-kunjungan-osaka-gas-foundation-ke-universitas-terbuka.html http://www.ut.ac.id/berita/1013-kunjungan-osaka-gas-foundation-ke-universitas-terbuka.html

kunjungan ogfice jepang ut okt 2014

Pada hari Selasa 21 Oktober 2014, Pembantu Rektor III, Dr. Aminudin Zuhairi, M.Ed., menerima kunjungan Direktur Eksekutif Osaka Gas Foundation of International Cultural Exchange (OGFICE ) Toru Yoshioka beserta rombongan. Rangkaian kunjungan tersebut diawali dengan pertemuan yang bertempat di ruang sidang Rektor gedung Rektorat UT lantai 1. Dalam pertemuan tersebut, Pembantu Rektor III UT didampingi oleh Pembantu Rektor I, Dr. Yuni Tri Hewindati, Pembantu Rektor IV, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A., Kepala LPBAUSI, Dewi Mutiara, SH.,MT., Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI), Suci M. Isman, Ph.D., Koordinator Pemeliharaan Pusat Komputer UT, Ir. Argadatta Sigit, M.Ed., dan Penanggungjawab Pengembangan dan Aplikasi Pusat Komputer UT, Dimas Agung Prasetyo, S. Kom., M.Sc . Sedangkan, Direktur OGFICE didampingi oleh Bapak Pontoh dan Bapak H. Yosodarmo dari perwakilan OGFICE di Indonesia. Pertemuan yang dimulai pukul 11.00 WIB tersebut membahas tentang realisasi bantuan OGFICE kepada UT untuk tahun 2014.

Pada pertemuan yang berlangsung dengan hangat tersebut, pihak UT melaporkan bahwa bantuan dari OGFICE Tahun 2014 tersebut, sesuai dengan proposal yang telah diajukan, digunakan untuk pelatihan dan pembelian peralatan yang terkait dengan pengembangan Grand Design ICT-UT . Selanjutnya, Direktur OGFICE secara resmi menyerahkan piagam tanda bukti pemberian bantuan dana kepada Rektor UT yg diwakili oleh Pembantu Rektor III-UT. Pada kesempatan itu pula pihak OGFICE menyampaikan bahwa meskipun kondisi ekonomi Jepang sedang kurang baik, mereka akan tetap memberikan bantuan kepada UT untuk tahun 2015 dengan jumlah dana kurang lebih sama dengan tahun 2014.

OGFICE adalah lembaga yang dibentuk oleh perusahaan Osaka Gas Co., Ltd. pada tahun 1992, yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara negara-negara penghasil gas alam dengan Jepang, dalam rangka menjaga stabilitas ketersediaan gas. OGFICE telah memberikan bantuan finansial kepada UT sejak tahun 2004 untuk penyediaan alat-alat multimedia, ICT dan pelatihan staf. Seluruh peralatan yang dibutuhkan dan dibeli dengan dana tersebut sudah tersedia sedangkan untuk pelatihan staf baru akan dilakukan pada bulan November 2014.

Selanjutnya Rombongan OGFICE menuju Pusat Komputer untuk melihat peralatan yang telah dibeli dengan menggunakan dana bantuan OGFIFICE tahun 2014. Pembantu Rektor UT III didampingi oleh Ka. Pusat Komputer UT, Dra Dyah Paminta Rahayu, M.Si. menunjukan peralatan yang telah dibeli dan beberapa produk yang telah dihasilkan dari peralatan tersebut kepada Direktur OGFICE, salah satunya adalah Server Storage Area Network (SAN Server) dan juga sekaligus menempelkan stiker OGFICE sebagai tanda bahwa alat tersebut adalah bantuan dari OGFICE.

]]>
donny@mail.ut.ac.id (Donny M Iqbal) Berita Thu, 23 Oct 2014 06:38:58 +0700
Wisuda UT Periode III tahun 2014 http://www.ut.ac.id/berita/1011-wisuda-ut-periode-iii-tahun-2014.html http://www.ut.ac.id/berita/1011-wisuda-ut-periode-iii-tahun-2014.html

Wisuda UT 14 okt 2014 UTCC

Mendekati akhir tahun 2014, Universitas Terbuka kembali menyelenggarakan wisuda bagi ribuan lulusan yang terpilih di UTCC, Tangerang Selatan, 14 Oktober 2014. Peserta wisuda yang berasal dari berbagai daerah tersebut merupakan hasil seleksi dari 8.332 lulusan UT pada periode ini.

]]>
bagus@ut.ac.id (bagus) Berita Tue, 14 Oct 2014 03:30:01 +0700
Seminar Peningkatan Kualitas SDM Indonesia Menghadapi MEA http://www.ut.ac.id/berita/1009-seminar-peningkatan-kualitas-sdm-indonesia-menghadapi-mea.html http://www.ut.ac.id/berita/1009-seminar-peningkatan-kualitas-sdm-indonesia-menghadapi-mea.html

Seminar wisuda MEA 13 Okt 2014

Pada akhir 2015 nanti, akan dimulai suatu pasar tunggal bagi negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Pasar yang dikenal dengan istilah Masyarakat Ekomoni Asean (MEA) tersebut akan membuka akses lebih mudah dalam transaksi barang dan jasa di antara negara-negara Asia Tenggara. Dengan kemudahan yang ditawarkan MEA, tentunya menjadi tantangan bagi Indonesia dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat bersaing di segala bidang. Terkait dengan hal tersebut, UT sebagai salah satu perguruan tinggi yang berperan serta dalam meningkatkan kualitas SDM, menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Peningkatan Kualitas SDM Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”.

Seminar yang diselenggarakan pada 13 Oktober 2014 tersebut menghadirkan 2 orang pembicara. Paparan pertama disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, Tasdik Kinanto SH, M.Hum., kemudian dilanjukan Guru Besar Universitas Indonesia yang diwakili oleh Prof. Dr. Martani Huseini. Kegiatan yang berlangsung di gedung UTCC, Pondok Cabe ini, diikuti oleh para calon wisudawan UT yang akan melaksanakan wisuda pada 14 Oktober 2014 di tempat yang sama. Jalannya seminar berlangsung dengan baik dengan dipandu oleh Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si., Kepala Program Studi Ilmu Pemerintahan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UT.

Temu Wicara 13 Okt 2014

Dalam rangkaian acara seminar, Rektor UT, Prof. Tian Belawati didampingi oleh para Pembantu Rektor, menyambut para calon wisudawan dalam sesi Temu Wicara, yang berlangsung sebelum kegiatan seminar. Dalam Temu Wicara tersebut, Rektor UT menyampaikan kepada para calon wisudawan, agar selalu menumbuhkan sikap mandiri, seperti halnya menempuh pendidikan secara jarak jauh di UT yang menuntut mahasiswa belajar disiplin dan mandiri. Para calon wisudawan juga diberi kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan, saran atau kritik tentang UT, yang dipandu oleh Pembantu Rektor IV, Dr. M. Yunus MA. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Hewindati, Pembantu Rekor I UT, menginformasikan bahwa UT telah mendapatkan izin untuk menyelenggarakan program S2 Magister Pendidikan Dasar, yang pada tahap awal akan dibuka di hanya UPBJJ-UT tertentu.

Menjelang akhir acara, Irsanti Widuri Asih,S.Sos., MS.i dari FISIP UT menyampaikan informasi tentang Open Education Resources (OER) UT, disebut juga Sumber Belajar Terbuka (Suaka UT) yang dapat diakses secara online di website UT. Selain itu, peserta seminar yang baru menjadi alumni UT ini, mendapatkan informasi mengenai Ikatan Alumni UT(IKA-UT) oleh Dr.Chanif Nurcholis, M.Si., dosen pada FISIP-UT.

]]>
bagus@ut.ac.id (bagus) Berita Mon, 13 Oct 2014 03:22:38 +0700
Sejumlah Pejabat UT Pusat dilantik http://www.ut.ac.id/berita/1008-sejumlah-pejabat-ut-pusat-dilantik.html http://www.ut.ac.id/berita/1008-sejumlah-pejabat-ut-pusat-dilantik.html

pelantikan pejabat ut oktober 2014

Pada Selasa, 7 Oktober 2014 bertempat di Aula Gedung Serbaguna Universitas Terbuka berlangsung acara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan. Acara yang dihadiri oleh para pimpinan unit di UT Pusat, dharma wanita, dan rohaniwan ini dimulai pukul 10.00WIB

]]>
donny@mail.ut.ac.id (Donny M Iqbal) Berita Tue, 07 Oct 2014 10:45:56 +0700
Ratusan Atlet Nasional Tenis Meja Bertanding di UTCC http://www.ut.ac.id/berita/994-ratusan-atlet-nasional-tenis-meja-bertanding-di-utcc.html http://www.ut.ac.id/berita/994-ratusan-atlet-nasional-tenis-meja-bertanding-di-utcc.html

 pembukaan tenis meja dies ut 30

Suksesnya turnamen tenis meja tahun lalu (2013) yang diselenggarakan UT, menambah antusiasme para atlet untuk ikut bertanding pada turnamen tenis meja tahun 2014.

]]>
bagus@ut.ac.id (bagus) Berita Sat, 06 Sep 2014 03:47:00 +0700
Linda Amalia Sari Gumelar dilantik menjadi Ketua Umum IKA-UT http://www.ut.ac.id/berita/993-linda-amalia-sari-gumelar-dilantik-menjadi-ketua-umum-ika-ut.html http://www.ut.ac.id/berita/993-linda-amalia-sari-gumelar-dilantik-menjadi-ketua-umum-ika-ut.html

Linda Amalia Sari Gumelar dilantik ketua IKA UT

Linda Amalia Sari Gumelar, Sip. alumnus Universitas Terbuka (UT) tahun 1997, Fakultas Ilmu Sosial Politik, Jurusan Administrasi Negara dilantik menjadi menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Terbuka periode 2014 – 2019 pada acara puncak Dies Natalis UT ke 30.

]]>
adri@ut.ac.id (Adri Sarosa) Berita Fri, 05 Sep 2014 04:53:21 +0700
Semalam Bersama Mitra UT http://www.ut.ac.id/berita/995-semalam-bersama-mitra-ut.html http://www.ut.ac.id/berita/995-semalam-bersama-mitra-ut.html

Semalam Bersama Mitra UT Dies Natalis 30

Usia 30 tahun bagi institusi PTN dengan sistem pendidikan jarak jauh (PJJ) seperti UT adalah perjalanan panjang pengabdian kepada bangsa yang penuh dengan liku, tantangan, dan kerja keras.

]]>
fia@mail.ut.ac.id (T Lufiana) Berita Fri, 05 Sep 2014 03:56:23 +0700
Dirgahayu UT ke 30 Tahun http://www.ut.ac.id/berita/992-dirgahayu-ut-ke-30-tahun.html http://www.ut.ac.id/berita/992-dirgahayu-ut-ke-30-tahun.html

puncak Dies Natalis UT ke 30Senyum bahagia menghiasi wajah warga Universitas Terbuka. Kamis, 4 September 2014 adalah acara Puncak Dies Natalis UT. Acara berlangsung di Universitas Terbuka Convention Centre (UTCC), tampak hadir pimpinan UT, Menteri Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak Indonesia, Deputi Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Rektor UT periode 1984-2009, Para Pejabat UT Terdahulu, Dewan Penyantun, para Mitra kerja UT, dan para karyawan UT.

]]>
emilly@ut.ac.id (Emilly Susanti, S.Ik.) Berita Fri, 05 Sep 2014 03:35:11 +0700
UT Akan Meluncurkan 10 Paket Program Pemberdayaan Masyarakat di Jabodetabek. http://www.ut.ac.id/berita/990-ut-akan-meluncurkan-10-paket-program-pemberdayaan-masyarakat-di-jabodetabek.html http://www.ut.ac.id/berita/990-ut-akan-meluncurkan-10-paket-program-pemberdayaan-masyarakat-di-jabodetabek.html

Penandatanganan Bantuan Sosial UT 02sept2014

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu bentuk dari sejumlah program pengabdian kepada masyarakat (abdimas) yang telah dilaksanakan Universitas Terbuka (UT) sejak tahun 2012 yang melibatkan seluruh dosen di kantor UT pusat.

]]>
bagus@ut.ac.id (Agus Santoso - PPM-LPPM) Berita Tue, 02 Sep 2014 03:52:05 +0700