Berita - Universitas Terbuka http://www.ut.ac.id/berita.html Sat, 02 Aug 2014 13:32:06 +0700 id-id Penandatanganan PKS UT dan BKKBN http://www.ut.ac.id/berita/964-penandatanganan-pks-ut-dan-bkkbn.html http://www.ut.ac.id/berita/964-penandatanganan-pks-ut-dan-bkkbn.html

tandatangan PKS BkkbN UT Juli 2014

Pendidikan untuk semua kalangan menjadi motto bagi UT sebagai penyelenggara pendidikan terbuka dan jarak jauh.

]]>
fia@mail.ut.ac.id (T Lufiana) Berita Wed, 02 Jul 2014 06:45:54 +0700
Melalui Olahraga, Galang Silaturahmi http://www.ut.ac.id/berita/958-melalui-olahraga-galang-silaturahmi.html http://www.ut.ac.id/berita/958-melalui-olahraga-galang-silaturahmi.html

fun active dies ut30 sonora 2014

Galang Silaturahmi Menjaga keutuhan serta memperluas silaturahmi bukanlah hal yang mudah. Dalam rangkaian kegiatan memperingati usia 30 tahun, Dies UT yang mengambil tema “30 Tahun UT Menyatukan Bangsa Melalui Pendidikan Jarak Jauh”, UT terus menggalang silaturahmi baik kepada mahasiswa, mitra UT serta masyarakat umum. Upaya menyosialisasikan UT pun digalakkan untuk menunjukkan eksistensi UT di dunia pendidikan.

Di pusat kota Jakarta yaitu di bundaran Hotel Indonesia, UT mengadakan acara bertajuk “Fun Active Day” pada 15 Juni 2014. Acara yang di gelar berkaitan dengan rangkaian Dies Natalis ke-30 UT ini, diselenggarakan oleh Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)-UT Jakarta bekerja sama dengan Radio Sonora. Peserta berasal dari masyarakat umum, Dewan Penyantun, mitra kerja UT, mahasiswa dan pegawai UT. Beragam acara diikuti dengan penuh semangat, dari senam aerobic bersama, fun bike, fun walk, serta hiburan musik. Rute fun bike dan fun walk, start dari Jalan Imam Bonjol-Bundaran HI-Monas.

Acara dimulai pukul 06.30 WIB, dibuka dengan sambutan dari Rektor UT yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pembantu Rektor IV UT, Dr. Mohammad Yunus MA. Bapak Yunus menyampaikan pesan dari Rektor ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah berpartisipasi pada acara ini, kepada Dewan Penyantun, kepada mitra UT yang telah hadir dan selalu memberikan dukungannya terhadap UT serta panitia yang telah membuat acara ini dapat berjalan dengan baik. UT di usianya ke 30 ini merupakan usia yang matang. Telah banyak prestasi yang telah ditoreh baik skala nasional maupun internasional. UT akan terus memberikan akses pendidikan bagi masyarakat Indonesia, memberikan solusi terbaik untuk menggapai pendidikan tinggi dan memberikan layanan yang lebih baik lagi untuk para mahasiswa dan para pemangku kepentingan.

fun walk bike dies ut30 2014 juni

Seperti tampak pada acara ini yaitu anggota Dewan penyantun Ibu Dewi Motik dan ibu Mooryati Soedibyo ikut hadir dan turut serta dalam kegiatan fun bike dan fun walk. Adapun maksud tujuannya adalah memberi semangat kepada masyarakat untuk terus belajar serta menuntut ilmu dan melanjutkan pendidikan tinggi di UT. Acara ditutup oleh kepala UPBJJ-UT, Ir. Adi Winata, MSc. dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha kuasa serta menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung acara Fun Active Day: Fun Bike & Fun Walk UT Tahun 2014.

]]>
fia@mail.ut.ac.id (T Lufiana) Berita Sun, 15 Jun 2014 23:56:38 +0700
Satu Tujuan, Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital http://www.ut.ac.id/berita/957-satu-tujuan-meningkatkan-kualitas-pendidikan-di-era-digital.html http://www.ut.ac.id/berita/957-satu-tujuan-meningkatkan-kualitas-pendidikan-di-era-digital.html

Dosen dan pendidik dari empat Negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Sri Lanka dan Maladewa menjadi peserta konferensi Internasional: PROFESSIONAL DEVELOPMENT IN EDUCATION 2014 yang terselenggara di Park Hotel, Bandung-Indonesia. Konferensi yang mengambil tema “Teaching & Learning in The 21st Century (Challenges for Lecturers and Teachers), 11-12 Juni 2014 ini diprakarsai olehtiga universitas dari dua negara, yaitu Universitas Widyatama, (UTAMA) Bandung, Universitas Terbuka (UT) dan Open University Malaysia (OUM).

PDE Confrence 2014 Bandung

Konferensi diikuti oleh 150 peserta, termasuk 44 pembicara yang memaparkan pemikiran dalam 5 subtema: 1) Technology Integration in Teaching and Learning, 2) Methodologies, Strategies in Teaching, Learning, and Assessment, 3) Leadership in Teaching and Learning, 4) Curriculum for the 21st Century, dan 5) Quality Assurance in Teaching and Learning.

Teaching by Heart” merupakan salah satu pesan dari Chancellor of Open University Malaysia perwakilan dari pemerintah Malaysia: YBhg Tun Jeanne Abdullah, yang menyampaikan Opening speech pada konferensi ini. Ia menyampaikan bahwa jika mengajar dengan hati sama halnya dengan merawat dengan hati, yang hasilnya dapat dirasakan dan dikenang oleh yang dirawat atau murid-murid yang diajarkan.

Acara dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Wakil Menteri Kemdikbud RI, yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Pembinaan SMA, Kemdikbud RI, Harris Iskandar Ph.D, dilanjutkan dengan penyampaian keynote speech mengenai Kurikulum 2013: Tantangan bagi Guru.

Konferensi ini bertujuan untuk mempersiapkan semua pihak yang bergerak di bidang pendidikan, baik dosen, guru, peneliti, dan para tenaga pendidik dalam menghadapi tantangan mengajar di abad 21. Para pendidik harus siap mengajar para murid dan mahasiswa agar mereka dapat belajar dan bekerja sesuai kemampuan dan keterampilan yang diperlukan di era digital informasi di abad 21 ini. Abad 21 menuntut kemampuan dan keterampilan ekstra yang wajib dimiliki setiap individu. Era 21 menuntut masyarakat untuk menggunakan cara berpikir dan bekerja; menggunkan teknologi untuk melaksanakan pekerjaan; serta mengerahkan kreativitas dan keterampilan kecakapan hidup yang berbeda dengan masyarakat di abad ke-20

Keynote Speaker (Pembicara Utama) pada konferensi ini adalah Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, diwakili Direktur PSMA Kemdikbud, Harris Iskandar, Ph.D.; Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Prof. Dr. H. Moh. Wahyudin Zarkasyi, SE., MS., Ak.; da. Dan Guru Besar UT, Prof. Dr. Atwi Suparman, M.Sc..

Selain sesi panel yang memberikan inspirasi bagi para peserta untuk memikirkan cara baru yang dapat mengajarkan kemampuan dan keterampilan hidup di era digital, terdapat sesi paralel dimana peserta berbagi pengalaman, pengetahuan dan hasil penelitian yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di instansi masing-masing. Pengalaman yang diperoleh dari konferensi ini diharapkan dapat memperkuat upaya komunitas pendidikan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.

]]>
fia@mail.ut.ac.id (T Lufiana) Berita Thu, 12 Jun 2014 02:18:05 +0700
Pelantikan Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan UT 2014-2018 http://www.ut.ac.id/berita/956-pelantikan-ketua-program-studi-s1-ilmu-pemerintahan-ut-2014-2018.html http://www.ut.ac.id/berita/956-pelantikan-ketua-program-studi-s1-ilmu-pemerintahan-ut-2014-2018.html

pelantikan kaprodi ilmu pemerintahan ajp juni 2014

Bertempat di Aula Gedung Pusat Kualitas Universitas Terbuka (UT), Pondok Cabe, pada 10 Juni 2014, Rektor UT melantik seorang pejabat di lingkungan UT. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 4444/UN31/KEP/2014 Tanggal 03 Juni 2014, pejabat yang dilantik adalah: Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si. sebagai Ketua Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan pada Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka, dengan masa jabatan 2014-2018.

Rektor UT dalam sambutannya, menyampaikan rasa syukur karena pada hari ini dapat berkumpul dan melantik salah seorang pegawai yang diberikan amanah sebagai Ketua Program Studi, semoga amanah yang diberikan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya dan dapat membantu sesama Ketua Program Studi dilingkungan UT untuk meningkatkan kualitasnya, mudah-mudahan kedepannya UT dapat memperoleh akreditasi yang lebih tinggi pada waktu yang akan datang.

Rektor UT juga menyampaikan bahwa, dalam pertemuannya dengan Dirjen Dikti, Rektor UT sempat memberikan masukkan tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Salah satu hal yang dikemukakan kepada Dirjen Dikti adalah sulitnya Program Studi di UT untuk mendapat nilai A atau skor maksimal, karena UTmenggunakan sistem terbuka dan jarak jauh, yang berbeda dengan perguruan tinggi tatap muka. Dalam kesempatan itu Dirjen Dikti menjanjikan akan memberikan Draf Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Jarak Jauh (SNPTJJ), karena dalam SNPT belum dapat mewadahi sistem Terbuka dan Jarak Jauh yang berlaku di UT. Rektor berharap kepada seluruh Kepala Program Studi dan Kepala Jurusan dapat meningkatkan kualitas dan memaksimalkan skor pada aspek-aspek yang dapat dimaksimalkan.

]]>
bagus@ut.ac.id (Alfarisi) Berita Tue, 10 Jun 2014 14:59:55 +0700
Peresmian Gedung Baru UPBJJ-UT Bogor http://www.ut.ac.id/berita/952-peresmian-gedung-baru-upbjj-ut-bogor.html http://www.ut.ac.id/berita/952-peresmian-gedung-baru-upbjj-ut-bogor.html

peresmian kantor UPBJJ-UT Bogor 4 Juni 2014

Kiprah UT di usianya ke 30 tahun semakin mantap dengan bertambahnya kantor layanan di daerah di Indonesia maupun luar negeri.

]]>
fia@mail.ut.ac.id (T Lufiana) Berita Wed, 04 Jun 2014 09:15:32 +0700
UPBJJ-UT Layanan Luar Negeri Diresmikan Rektor http://www.ut.ac.id/berita/951-upbjj-ut-layanan-luar-negeri-diresmikan-rektor.html http://www.ut.ac.id/berita/951-upbjj-ut-layanan-luar-negeri-diresmikan-rektor.html

UPBJJ-UT Layanan Luar Negeri diresmikan Rektor 2 Juni 2014

Dengan semangat Universitas Terbuka (UT) “Membuka Akses Pendidikan Tinggi bagi Semua”, telah dilakukan berbagai upaya sistematis secara bertahap untuk mewujudkan hal tersebut. Dalam kurun waktu 30 tahun ini, layanan UT sudah bisa diakses oleh segenap lapisan masyarakat di seluruh Tanah Air. Demikian juga dalam belasan tahun terakhir layanan bagi masyakarat atau warga negara Indonesia yang sedang berdomisili di luar negeri juga sudah berjalan meski belum dalam jumlah yang masif dan tersebar.

Guna lebih melancarkan operasional layanan UT dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat dengan lebih baik lagi, sejak Januari 2014, UT menetapkan untuk membuka unit kerja baru yang secara khusus menangani pelayanan bagi mahasiswa UT yang sedang berada di luar negeri. Dengan Keputusan Rektor, dibentuklah satu unit baru yang dinamakan Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Layanan Luar Negeri (disingkat UPBJJ-UT LLN) sebagai UPBJJ-UT yang ke 39. Pada Senin, 2 Juni 2014, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, meresmikan kantor UPBJJ-UT LLN, sebagai tanda telah dibuka secara penuh pelaksanaan layanan UT, bagi seluruh mahasiswa yang sudah dalam program dan masyarakat Indonesia lain di luar negeri, yang membutuhkan layanan pendidikan tinggi untuk meningkatkan kualifikasi dan kapasitas diri.

Universitas Terbuka sudah memiliki kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, sehingga warga negara Indonesia di luar negeri yang berkeinginan memanfaatkan layanan pendidikan tinggi melalui Universitas Terbuka, bisa langsung dan/atau melalui kantor perwakilan Indonesia di negara yang memiliki perwakilan tetap, KBRI/KJRI; KDEI. Diharapkan Universitas Terbuka bisa menjadi jembatan mencerdaskan kehidupan bangsa tanpa kendala ruang dan waktu untuk Indonesia yang lebih maju lagi, lebih sejahtera dan juga bermartabat!

Informasi selengkapnya tentang UPBJJ-UT LLN dapat dilihat di website http://luarnegeri.ut.ac.id

link: alamat dan nomor telepon kantor UPBJJ-UT

]]>
bagus@ut.ac.id (bagus) Berita Wed, 04 Jun 2014 01:29:42 +0700
Dua Bupati Wisudawan UT http://www.ut.ac.id/berita/950-dua-bupati-wisudawan-ut.html http://www.ut.ac.id/berita/950-dua-bupati-wisudawan-ut.html

Wisuda UT Periode II Wilayah II Juni 2014 UTCC

Pejabat Daerah yang merupakan putra kebanggaaan daerahnya di wisuda di UT pada Selasa, 3 Juni 2014, bertempat di Balai Sidang UT (UT Convention Centre), di Pondok Cabe.

]]>
emilly@ut.ac.id (Emilly Susanti, S.Ik.) Berita Tue, 03 Jun 2014 08:07:29 +0700
Kualitas Tinggi Lulusan UT http://www.ut.ac.id/berita/947-kualitas-tinggi-lulusan-ut.html http://www.ut.ac.id/berita/947-kualitas-tinggi-lulusan-ut.html

seminar nasional kearifan lokal abdor utcc 2 juni 2014

Universitas Terbuka kembali menyelenggarakan seminar pada tanggal 2 Juni 2014 dengan tema “Kearifan Lokal Sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karakter Bangsa”.

]]>
emilly@ut.ac.id (Emilly Susanti, S.Ik.) Berita Mon, 02 Jun 2014 09:39:59 +0700
UT Resmikan Kantor Layanan di UPBJJ-UT SORONG http://www.ut.ac.id/berita/944-ut-resmikan-kantor-layanan-di-upbjj-ut-sorong.html http://www.ut.ac.id/berita/944-ut-resmikan-kantor-layanan-di-upbjj-ut-sorong.html

 peresmian kantor upbjj-ut sorong papua barat mei2014

Pemerataan serta mutu pendidikan bagi segenap masyarakat Indonesia, khususnya pendidikan tinggi, merupakan salah satu agenda prioritas pemerintah dalam meningkatkan kualitas kemampuan bangsa Indonesia. Universitas Terbuka (UT) turut andil dari terwujudnya pemerataan pendidikan ke seluruh pelosok negeri.

]]>
fia@mail.ut.ac.id (T Lufiana) Berita Fri, 23 May 2014 02:23:17 +0700
Dies Natalis UT Ke-30 Resmi Dibuka http://www.ut.ac.id/berita/943-dies-natalis-ut-ke-30-resmi-dibuka.html http://www.ut.ac.id/berita/943-dies-natalis-ut-ke-30-resmi-dibuka.html

senam sehat gembira dies 30 ut 20 mei 2014

Alunan musik senam terdengar pada Selasa, 20 Mei 2014 pagi, mengiringi para pimpinan dan pegawai Universitas Terbuka dalam kegiatan senam gembira.

]]>
emilly@ut.ac.id (Emilly Susanti, S.Ik.) Berita Tue, 20 May 2014 06:33:02 +0700